Judul Berjalan

TULISAN MOUSE BERJALAN

BERJALAN KEKANAN DAN KEKIRI

SELAMAT BERGABUNG DENGAN KANGTARJOSENDANGREJO..... AYO LATIHAN NGE BLOG BERSAMA-SAMA

Berjalan kekanan kekiri

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MINAL AIDZIN WAL FA IDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

INSTALASI APLIKASI SISTEM PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN (SPMP)-(Final)

 Pada tanggal 14-15 November 2010 kemarin saya diberi kesempatan untuk mengikuti diklat instalasi dan penggunaan Aplikasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) se-Provinsi Banten di Hotel Le Dian Serang. Materi diklat ini seputar instalasi aplikasi SNP (Standar Nasional Pendidikan) EDS (Evaluasi Diri Sekolah) yang berbasis web. Kebetulan dalam diklat ini Saya dan 3 teman saya (Pak Rana, Bu Hj Enok dan Pak Ade) mewakili SMP pandeglang selatan (Cibaliung dan Cimanggu).

Pada dasarnya kami dikenalkan pada aplikasi berbasis web yang nantinya akan ditanam di komputer sekolah, dan dapat beroperasi melalui localhost. Yang sering berkutat dengan aplikasi webserver (xampp, wampserver, lampp, uniserver, etc) akan lebih mudah menggunakan aplikasi SNP EDS ini.
Aplikasi SPMP SNP EDS ini sangat mudah dalam instalasi dan pengoperasiannya. Alhamdulillah saya juga dapat mengikuti dengan lancar tanpa masalah. Akan tetapi ada sebagian teman-teman yang belum terbiasa bekerja dalam lingkungan webserver sedikit mengalami kesulitan, terutama pada saat instalasi. Dari dasar itulah saya mencoba untuk menjelaskan detik-detik instalasi (halagh!!) aplikasi SNP EDS menurut pemahaman saya.

Fiuh.....fiuh...Capek euy make kata kata resmi. Lidahku sampe pegel pegel..he he he...

ok kita lanjut........

SPMP itu apa seh?

SPMP adalah singakatan dari Aplikasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Menurut Mutia Pusparini, program ini diharapkan dapat menjadi penyempurna pelaksanaan sistem pendidikan di Indonesia dengan adanya dokumentasi data yang lebih akurat mengenai Peningkatan Kualitas (Quality Improvement) pendidikan. Adanya data yang akurat dapat menjadi dasar pengembangan dan penjaminan mutu dan kualitas selanjutnya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca disini.

Spesifikasi sistem yang dianjurkan

Program ini dapat berjalan lancar pada system operasi windows xp, windows vista, windows 7 dan Linux, untuk system operasi yang lain saya sendiri belum mencoba. Browser yang digunakan sebaiknya Mozilla Firefox versi 3.6.3 ke atas yang telah dilengkapi dengan plugin flash player 10. 

APA yang kita butuhkan???

Sebelumnya kita harus mempersiapkan dulu programnya. Kalo kemarin yang ikut diklat pasti dah pada punya. Trus kalo ga punya gimana OM???

Tenang sodara sodara....saya telah mempersiapkan link untuk download tools-tools yang akan kita gunakan. Silahkan Download program SPMP SNP EDS di bawah ini, kemudian tempatkan pada satu folder.

1. Aplikasi EDS.rar, dapat anda download disini

2. Webserver XAMPP , silahkan download disini

3. Mozilla firefox 3.6.3 dapat anda download disini

4. Plugin flash player 10 download disini


Instalasi dan konfigurasi

Jika ke empat program di atas telah selesai anda download, langkah selanjutnya adalah melakukan ekstraksi file aplikasi EDS.rar dengan menggunakan program winrar atau winzip.......

 Bersambung.......ke artikel  Instalasi Aplikasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) part 2

Sebelum anda membaca artikel ini, ada baiknya anda membaca artikel Instalasi Aplikasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) part 1, karena tulisan ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya.

Oke, jika sudah selesai mengikuti petunjuk pada artikel yang pertama, selanjutnya kita akan membahas detik-detik instalasi aplikasi EDS.

Instalasi dan konfigurasi

Jika ke empat program pada artikel yang pertama telah selesai anda download, langkah selanjutnya adalah melakukan ekstraksi file aplikasi EDS.rar dengan menggunakan program winrar atau winzip. Selesai mengekstrak maka akan terbentuk folder aplikasi EDS, kemudian pindahkan folder ini ke drive C:\ (**ingat, harus drive C:\). 

Untuk mempermudah dalam melakukan instalasi dan konfigurasi maka saya merekomendasikan untuk memasukkan ke empat program (aplikasi EDS, Webserver XAMPP, Mozilla firefox,  dan flash player) ke dalam folder aplikasi EDS. Sehingga ke empat program tersebut terkumpul menjadi satu folder yaitu di folder  aplikasi EDS. Lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah.



1. Instalasi webserver xampp

Instalasi webserver xampp sebenarnya sangat mudah, tinggal klik 2x pada xampp.exe kemudian Next....selesai dah. Tapi bagi yang belum terbiasa memang sedikit menjadi masalah. untuk lebih mudahnya ikuti gambar yang saya tampilkan berikut. Gambar ini saya ambil dari file power point instalasi aplikasi yang dibuat oleh Tim PMPTK (Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan). Yuk kita simak.....











2. Instalasi browser mozilla firefox 3.6.3

Hampir sebagian besar komputer berbasis windows dan linux biasanya sudah terinstal browser mozilla firefox ini. Trus kalo belum gimana OM?? ya di iinstal sendiri donk!!...Caranya??
Cari file Firefox Setup 3.6.10.exe kemudian klik 2x, selanjutnya klik Next, Next, Next ampe selesai. .gampang kan???

3. Install_flash_player 10 

Yang perlu diingat sebelum melakukan  instalasi flash_player 10 yaitu direkomendasikan untuk menutup terlebih dahulu jendela mozilla firefox. Kok bisa gitu?? maksudnya apa neh?? Ya biar gak crash saat instal flash player.. trus cara instalnya gmana??? sama aja kayak instal mozilla fireox..klik 2x install_flash_player 10.exe kemudian next, next, next dan selesai.


Jika semua program yang dibutuhkan telah terinstal, langkah selanjutnya adalah menjalankan file Setup Konfigurasi.bat dengan cara klik 2x (file Setup Konfigurasi.bat disertakan pada folder aplikasi EDS). Maka akan muncul jendela command prompt (biasanya berwarna hitam) biarkan proses berjalan sampai selesai, jendela command prompt ini nanti akan hilang secara otomatis jika konfigurasi telah selesai.

Instalasi dan konfigurasi selesai saatnya menjalankan aplikasi.

Untuk menjalankan aplikasi EDS, terlebih dahulu kita jalankan webservernya, kebetulan kita menggunakan webserver XAMPP.
Gimana Caranya???

kita lanjutkan pada artikel ketiga


Instalasi dan konfigurasi selesai saatnya menjalankan aplikasi.

Sebelumnya kita sudah membahas cara instalasi dan konfigurasi Aplikasi sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) berikut link Download aplikasinya, Silahkan baca artikel pertama dan kedua terlebih dahulu.

Untuk menjalankan aplikasi EDS gimana? jalankan webservernya dulu, kebetulan kita menggunakan webserver XAMPP.
Gimana Caranya??? :-/

Beralihlah ke desktop, lalu klik 2x Shortcut XAMPP Control Panel, bisa juga melalui start menu. Akan muncul jendela xampp, selanjutnya aktifkan servis Apache dan mysql dengan cara memberi centang dan klik tombol start. Jika ada notifikasi yang muncul klik yes atau ok, tunggu sampai muncul tulisan running, perhatikan gambar di bawah

Photobucket


Servis Apache dan mysql telah kita aktifkan, artinya server lokal kita sudah berjalan. Sekarang waktunya kita mencoba aplikasi SPMP EDS, buka browser kesayangan kita (internet explorer, mozilla firefox, opera, safari,etc),. saya menggunakan Mozilla Firefox. Pada address bar ketik http://localhost/snpnew, akhiri dengan Enter  Photobucket

Jika instalasi dan konfigurasi yang anda lakukan pada artikel pertama dan kedua benar, maka akan muncul halaman log in aplikasi SPMP EDS. Masuklah dengan username: admin dan password: admin. Seperti gambar di bawah.

Photobucket

Nah sampai disini kita sudah berhasil melakukan instalasi, konfigurasi sekaligus menjalankan aplikasi SPMP EDS.

Troubleshooting

Pada beberapa kasus yang saya temui, masalah yang muncul biasanya terjadi pada XAMPP, terutama saat komputer baru dihidupkan. Hal ini dikarenakan XAMPP mengalami kegagalan dalam menjalankan servis Apache dan MySql. Untuk menanganinya cukup mudah, kita hanya perlu memanggil ulang servis Apache dan MySql. Caranya bagaimana?? Masuklah ke XAMPP Control Panel, kemudian tekan tombol stop pada servis apache dan mysql, buang tanda centang di sebelahnya. Perlakuan ini akan menghentikan servis kedua aplikasi tersebut. Lho kok dihentikan?? yups selanjutnya kita Start ulang seperti pada langkah paling atas artikel ini.

Ada pertanyaan, kurang jelas atau punya pengalaman yang sama dengan artikel ini? atau malah mau protes?? :d Silahkan komentar di bawah..

Semoga membantu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar