Judul Berjalan

TULISAN MOUSE BERJALAN

BERJALAN KEKANAN DAN KEKIRI

SELAMAT BERGABUNG DENGAN KANGTARJOSENDANGREJO..... AYO LATIHAN NGE BLOG BERSAMA-SAMA

Berjalan kekanan kekiri

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MINAL AIDZIN WAL FA IDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

Instrumen Penilaian Kinerja Guru Kelas/Mata Pelajaran - PKG

Penilaian Kinerja Guru Kelas/Mata Pelajaran sudah harus dimulai pada awal tahun pelajaran 2013-2014. Sesuai dengan petunjuk pelaksanaan PKG maka pada bulan September 2013 seharusnya semua guru sudah mendapat PKG Formatif. Walau pun demikian besar kemungkinan hal ini belum banyak diketahui oleh para guru maupun kepala sekolah. Idealnya guru yang menggunakan angka kredit 2013 sebagai dasar kenaikan pangkat, maka angka kredit 2013 semester 2 sudah tidak lagi menggunakan penghitungan berdasarkan format Penilaian Angka Kredit Keputusan Menpan No. 84 Tahun 1993, tetapi sudah bedasarkan Permenegpan No.16/2009. Jika pemangku kebijakan secara konsekwen melaksanakan peraturan ini, maka yang akan dirugikan adalah para guru sendiri. Karena Penilaian Kinerja Guru (PKG) harus dilaksanakan dengan tidak bisa surut waktu.
Dalam tulisan ini, kami mempersembahkan kepada siapa pun yang membutuhkan suatu bentuk contoh Instrumen PKG berdasarkan Permenegpan dan RB No. 16 Tahun 2009. Instrumen yang kami sajikan ini bisa langsung dicetak dan digunakan untuk melaksanakan PKG. Kami telah menyusun instrumen yang terdiri dari:
  1. Indikator Penilaian yang terdiri dari 14 Kompetensi yang dijabarkan dalam 78 indikator.
  2. Proses Penilaian yang meliputi sebelum pengamatan, selama pengamatan, setelah pengamatan, dan pemantauan dari setiap Kompetensi yang dinilai.
  3. Lembar Laporan dan Evaluasi Penilaian Kinerga Guru Kelas/Mata Pelajaran, Format 1B.
  4. LembarPengamatan dan Pemantauan.
  5. Lembar Penilaian 14 Kompetensi (78 indikator).
  6. Lembar Rekap Hasil Penilaian Kinerja, Format 1C
  7. Lembar Format Penghitungan Angka Kredit PK Guru Kelas/Mata Pelajaran, Format 1D
  8. Petunjuk Pengisian.

Instrumen PK Guru

 

SOFTWARE PKG-Penilaian Kinerja Guru

.
Penilaian Kinerja Guru (PKG) membutuhkan keterampilan tertentu dan pada akhirnya dibutuhkan administrasi untuk membuat laporan hasil PKG. Laporan tersebut meliputi catatan-catatan hasil pengamatan dan pemantauan atau Laporan hasil Evaluasi PKG, Format Konversi / Rekap hasil PKG, dan Format Penghitungan Kredit hasil PKG. Pada prinsipnya penilai dan guru yang dinilai dituntut memahami sepenuhnya proses atau langkah-langkah PKG.
Di sini saya mempersembahkan software yang kami edit pada Ms-Excel 2013. Dengan menggunakan software yang kami namai Software PK Guru Kelas/Mata Pelajaran ini berguna untuk memudahkan dalam pembuatan laporan tersebut. Karena telah kami buat menggunakan otomatisasi penghitungan hasil PKG. Penilai atau pengguna software ini tinggal mengisi data-data penilai dan guru yang dinilai, mengisikan catatan-catatan pengamatan dan pemantauan, dan memberikan nilai pada setiap indikator dari 14 kompetensi. Dan setelah itu semua sudah dihitung otomatis dengan menggunakan aplikasi ini.
Anda bisa mencoba software ini secara gratis, silakan ambil DI SINI.
Kami mohon untuk tidak mengubah hak cipta ini terlebih untuk diperjualbelikan.
Semoga bisa membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar