REKOMENDASI EDS
REKOMENDASI EDS
SDN DOLOKGEDE KEC.TAMBAKREJO KAB.BOJONEGORO
TAHUN 2013
No
|
Standar
|
Tahapan
Pengembangan
|
REKOMENDASI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
I
|
STANDAR ISI
|
|||||
1.
|
1.1. Kurikulum Sudah sesuai dan Relevan
1.1.1 Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan
pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP.
|
2
|
1. Kurikulum
Sekolah perlu dikembangkan setiap tahun
2. Kurikulum
Sekolah perlu disosialisasikan kepada stakeholder
|
|||
2.
|
1.1.2 Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan
karakteristik daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia
peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.
|
3
|
1.
Sekolah perlu mengembangkan kurikulum yang dapat menampung semua
kebutuhan peserta didik
2.
Sekolah perlu workshop Pengintegrasian pendidikan karakter ke dalam 8
mata pelajaran
|
|||
3
|
1.1.3. Kurikulum telah
menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi
siswa.
|
2
|
1. Sekolah perlu memfasilitasi 25% guru melaksanakan remedial dan pengayaan
2. Sekolah perlu memfasilitasi 10% guru melaporkan hasil penilaian kepada
orang tua peserta didik
|
4
|
1.2. Sekolah Menyediakan kebutuhan Pengembangan pribadi Peserta
Didik
1.2.1. Sekolah menyediakan
layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan
pengembangan pribadi peserta didik.
|
3
|
Sekolah perlu memberikan
layanan bimbingan dan konseling yang memadai dalam memenuhi kebutuhan
pengembangan pribadi peserta didik
|
|||
5
|
1.2.2. Sekolah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk
memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.
|
3
|
Sekolah kami akan
meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler baik kepramukaan maupun olah raga dan
akan meningkatkan kemampuan guru pembina melalui Kursus Mahir Lanjutan (KML)
|
|||
PEROPEROLEHAN SKOR / SKOR MAKSIMUM
|
13
|
20
|
||||
PROSENTASE KETERCAPAIAN
|
13/20
X 100 % = 65 %
|
|||||
KATEGORI TINGKAT KETERCAPAIAN
|
Tahap : 3 / Baik
Memenuhi
SNP , tetapi sekolah masih perlu meningkatkan kinerja dengan harapan tahun
yang akan datang dengan perbaikan dan kerja keras dapat mencapai tahap 4
|
No
|
Standar
|
Tahapan
Pengembangan
|
REKOMENDASI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
II
|
STANDAR PROSES
|
|||||
1
|
2.1. Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar
2.1.1. Silabus
dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL),
dan panduan KTSP.
|
3
|
Silabus perlu dikembangkan
oleh guru baik secara individu maupun melalui KKG, nilai-nilai pendikar perlu
dikembangkan
|
|||
2
|
2.1.2. Pengembangan
Silabus dilakukan guru secara mandiri atau berkelompok.
|
2
|
1. Sekolah mendorong agar
kegiatan KKG bisa maksimal.
2. Sekolah memotivasi agar guru
lebih mandiri dalam pengembanagn silabus
|
|||
3
|
2.2. RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan
kebutuhan peserta didik
2.2.1. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun
berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.
|
3
|
Sekolah mengundang nara
sumber untuk melatih guru dalam pembuatan RPP. Mendorong guru berusaha menyusun RPP sesuai dengan prinsip-prinsip penyusunan
|
|||
4
|
2.2.2. RPP memperhatikan
perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat,
motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar,
kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma,
nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.
|
3
|
Tahun depan sekolah
mengadakan pelatihan pembuatan RPP yang memperhatikan perbedaan gender,
kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi,
kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan
belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta
didik serta direview oleh para ahli.
|
|||
5
|
2.3. Sumber belajar dapat
diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat
2.3.1. Siswa
dapat mengakses buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber
belajar lain selain buku pelajaran dengan mudah.
|
2
|
Tahun depan sekolah kami akan
menyediakan jaringan internet yang
permanen untuk memudahkan mengakses buku sekolah elektronik
|
|||
6
|
2.3.2. Guru menggunakan buku
panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar
lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk
membantu dan memotivasi peserta didik.
|
2
|
Kepala sekolah dan pengawas
memotivasi guru agar menggunakan berbagai jenis sumber dan media pembelajaran
di sekolah serta memanfaatkan tempat belajar lain di luar sekolah dengan
melibatkan siswa.
|
|||
7
|
2.4. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif,
inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik
2.4.1. Para guru
melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang
interaktif, inspiratif,
menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan
pendahuluan, inti, dan penutup.
|
2
|
Sekolah dan guru merancang
RPP secara rinci.
|
|||
8
|
2.4.2. Para peserta
didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan
elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi
.
|
2
|
Sekolah dan pengawas
mengadakan pembinaan pelatihan kepada guru agar dalam PBM para peserta didik
memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi,
serta mendapatkan konfirmasi.
|
9
|
2.5. Supervisi dan Evaluasi
Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan
2.5.1. Supervisi dan
evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi
perencanaan, pelaksanaan, dan
penilaian
hasil pembelajaran
.
|
3
|
Tahun depan sekolah kami
akan konsisten melaksanakan program tindaklanjut untuk semua proses pembelajaran
|
|||
10
|
2.5.2. Supervisi dan
evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh
Kepala Sekolah dan Pengawas.
|
2
|
Sekolah dan pengawas dalam
Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran harus dilakukan secara berkala dan
berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas serta ditindaklanjuti
|
|||
PEROLEHAN SKOR / SKOR
MAKSIMUM
|
24
|
40
|
||||
PROSENTASE KETERCAPAIAN
|
24/40 X
100 = 60 %
|
|||||
KATEGORI TINGKAT
KETERCAPAIAN
|
Tahap : 3 / Baik
Memenuhi
SNP, masih perlu peningkatan kinerja , pengembangan, pelatihan dan melengkapi
kekurangan/kelemahan yang ada.
|
No
|
Standar
|
Tahapan
Pengembangan
|
REKOMENDASI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
III
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
|
|||||
1
|
3.1. Peserta didik
dapat mencapai target akademis yang diharapkan
3.1.1. Peserta didik
memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan
SKL.
|
3
|
Sekolah, pengawas dan guru
harus memperlihatkan kemajuan peserta didik dalam mencapai target yang
ditetapkan dalam SKL, terutama pada mata pelajaran Matematika dan IPA
|
|||
2
|
3.1.2. Peserta didik
memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri.
|
3
|
Sekolah kami perlu meningkatkan kemampuan siswa dalam memperoleh pengalaman belajar melalui program pembiasaan
|
|||
3
|
3.1.3. Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa
percaya diri
yang tinggi.
|
3
|
Sekolah kami memprogramkan
pemanfaatan lingkungan sebagai sarana belajar utnuk menumbuhkembangkan kepercayaan diri
serta mampu mengungkapkan pendapat dengan jelas dan santun
|
|||
4
|
3.2. Peserta didik
dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat
3.2.1. Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik.
|
3
|
Sekolah kami harus menerapkan disiplin
sekolah dan kelas lebih
baik lagi, serta menanamkam nilai-nilai pendikar sesuai dengan silabus
|
|||
5
|
3.2.2. Sekolah mengembangkan keterampilan hidup.
|
2
|
Sekolah kami pada tahun yang
akan datang akan menyediakan program pembelajaran yang beragam untuk
mengembangkan keterampilan lain yang dapat menjamin pencapaian potensi mereka
secara penuh.
|
|||
6
|
3.2.3. Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap
yang dapat diterima.
|
2
|
Sekolah harus menanamkan keagamaan
kepada
semua siswa secara rutin melalui bimbingan semua guru
|
|||
PEROLEHAN SKOR / SKOR
MAKSIMUM
|
16
|
24
|
||||
PROSENTASE KETERCAPAIAN
|
16/24 X
100 % = 66,6 %
|
|||||
KATEGORI TINGKAT
KETERCAPAIAN
|
Tahap : 3
/ Baik
Meskipun
memenuhi SNP namun kinerja sekolah perlu ditingkatkan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memperoleh
pengalaman belajar , pemanfaatan
lingkungan sebagai sarana belajar dan menerapkan disiplin
|
No
|
Standar
|
Tahapan
Pengembangan
|
REKOMENDASI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
IV
|
STANDAR PTK
|
|||||
1
|
4.1. Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
4.1.1. Jumlah pendidik memenuhi standar.
|
1
|
Sekolah kami memakai tenaga guru honorer (
dengan kualifikasi pendidikan S1 ) sebagai solusi mengatasi kekurangan tenaga
guru
Berusaha
mendapatkan tambahan ruang kelas
|
|||
2
|
4.1.2. Jumlah tenaga
kependidikan memenuhi standar.
|
1
|
Sekolah kami akan mengajukan
kepada pemerintah agar kebutuhan tenaga kependidikan segera dipenuhi
|
|||
3
|
4.2. Kualifikasi
pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
4.2.1. Kualifikasi pendidik memenuhi standar
|
3
|
Sekolah kami mengusahakan kepada
pemerintah agar pendidik dapat segera
memperoleh sertifikat
|
|||
4
|
4.2.2. Kualifikasi tenaga kependidikan
memenuhi standar
|
3
|
Sekolah kami akan meminta kepada
pemerintah agar kebutuhan tenaga kependidikan segera dipenuhi
|
|||
5
|
4.3. Kompetensi
pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
4.3.1. Kompetensi pendidik memenuhi standar
|
2
|
Sekolah akan mengajukan ke
pemerintah agar sertifikat profesi segera diperoleh guru.
|
|||
6
|
4.3.2. Kompetensi tenaga
kependidikan memenuhi standar
|
3
|
Sekolah mengusulkan kepada
pemerintah agar kebutuhan tenaga kependidikan segera dipenuhi.
|
|||
PEROLEHAN SKOR / SKOR
MAKSIMUM
|
13
|
24
|
||||
PROSENTASE KETERCAPAIAN
|
13/24 X
100% = 54,16 %
|
|||||
KATEGORI TINGKAT
KETERCAPAIAN
|
Tahap : 2
/ Cukup
Memenuhi
SPM , masih banyak memerlukan perbaikan terutama pada kekurangan tenaga
pendidik dan kependidikan serta perolehan sertifikat pendidik.
|
No
|
Standar
|
Tahapan
Pengembangan
|
REKOMENDASI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
V
|
STANDAR SARANA / PRASARANA
|
|||||
1
|
5.1. Sarana sekolah sudah memadai
5.1.1. Sekolah
memenuhi standar terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan,
persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.
|
2
|
Sekolah kami perlu membangun
ruang , perpustakaan, UKS, ruang komputer dan gudang
|
|||
2
|
5.1.2. Sekolah memenuhi
standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar.
|
1
|
Sekolah mensosialisasikan
keberhasilan sekolah dibidang akademik dan non akademik kepada semua lapisan
masyarakat
|
|||
3
|
5.1.3. Sekolah memenuhi
standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku
pelajaran.
|
2
|
Sekolah kami perlu
mengusulkan pembangunan ruang perpustakaan, ruang laboratorium ,ruang komputer
|
|||
4
|
5.2. Sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik
5.2.1. Pemeliharaan
bangunan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan persyaratan standar
|
2
|
Sekolah kami akan berusaha memelihara
bangunan secara rutin
|
|||
5
|
5.2.2. Bangunan aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan
kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus
|
2
|
Sekolah kami akan melengkapi
bangunan dengan pemagaran
sekeliling.
|
|||
PEROLEHAN SKOR / SKOR
MAKSIMUM
|
9
|
20
|
||||
PROSENTASE KETERCAPAIAN
|
9 / 20 X 100 % = 45 %
|
|||||
KATEGORI TINGKAT
KETERCAPAIAN
|
Tahap : 1 / Kurang
Belum
memenuhi SPM , sekolah mempunyai banyak kelemahan sarpras terutama kekurangan
: Ruang pimpinan & ruang guru, ruang Kelas , perpustakaan, labolatorium
IPA ,labolatorium komputer, ruang UKS dan Gudang.
|
No
|
Standar
|
Tahapan
Pengembangan
|
REKOMENDASI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
VI
|
STANDAR PENGELOLAAN
|
|||||
1
|
6.1. Kinerja pengelolaan
sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi
yang jelas dan
diketahui oleh semua pihak
6.1.1.Sekolah merumuskan
visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku
kepentingan.
|
3
|
1. Komite sekolah agar segera memiliki Struktur Organisasi yang lengkap
dengan tupoksi, AD ART Rencana Kerja, Catatan Kegiatan
2.
Sekolah kami akan melibatkan tokoh masyarakat dalam menyususn visi dan
misi
|
|||
2
|
6.1.2. Pengelolaan sekolah
menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan
akuntabilitas.
|
1
|
Sekolah kami perlu motivasi untuk mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan
|
|||
3
|
6.2. Rencana kerja sekolah
mencantumkan tujuan yang jelas untuk program peningkatan dan perbaikan
berkelanjutan yang tersosialisasikan dengan baik
6.2.1. Sekolah merumuskan
rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan
berkelanjutan.
|
2
|
Untuk tahun pelajaran berikutnya sekolah kami sepenuhnya akan mensosialisasikan visi dan misi serta RKS
|
|||
4
|
6.2.2. Sekolah mensosialisasikan
rencana kerja yang berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan
berkelanjutan kepada warga sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan.
|
2
|
Untuk tahun pelajaran berikutnya sekolah kami akan mengakomodir
semua masukan dari berbagai pihak yang berkepentingan dan
diputuskan oleh rapat dewan pendidik yang dipimpin oleh kepala sekolah.
|
|||
5
|
6.3. Rencana Pengembangan
Sekolah/Rencana Kerja Sekolah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar
6.3.1. Rencana Kerja tahunan
dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah dilaksanakan
berdasarkan rencana jangka menengah (renstra)
|
2
|
Sekolah kami akan mengupayakan RKAS yang mudah difahami dan diakses oleh pihak terkait
|
|||
6
|
6.3.2. Sekolah melakukan
evaluasi diri terhadap kinerja sekolah secara berkelanjutan untuk melihat
dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar
|
2
|
Sekolah kami akan melaksanakan Evaluasi Diri Sekolah setiap tahun
|
|||
7
|
6.3.3. Sekolah menetapkan
prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan
berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil
belajar
|
2
|
Tahun pelajaran berikutnya
sekolah kami menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan sekolah yang didasarkan
pada hasil evaluasi diri dan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar.
|
|||
8
|
6.4. Pengumpulan dan penggunaan
data yang handal dan valid
6.4.1. Sekolah mengelola sistem
informasi pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan
|
2
|
Tahun pelajaran berikutnya sekolah kami akan mengelola data di
sekolah berbasis ICT yang lebih
baik , yang kini hanya sebatas mempunyai web site dengan alamat :
http://sdn3cijemit.blogspot.com/ tetapi belum dimanfaatkan secara optimal.
|
|||
9
|
6.4.2. Sekolah menyediakan
sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses
|
1
|
Tahun pelajaran berikutnya
sekolah kami akan menyediakan akses informasi yang mudah bagi warga sekolah dengan memanfaatkan web site yang
ada.
|
|||
10
|
6.5. Pemberian dukungan dan
kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan
6.5.1. Sekolah meningkatkan
keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi
pendidik dan tenaga kependidikan
|
2
|
Tahun yang akan datang sekolah kami akan memperhatikan hasil kerja setiap
pendidik
|
|||
11
|
6.5.2. Supervisi dan
evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional
|
2
|
Tahun pelajaran berikutnya
sekolah kami akan melaksanaan supervisi dan evaluasi atas pelaksanaan tugas pendidik terprogram dengan
baik
|
|||
12
|
6.6. Masyarakat mengambil
bagian dalam kehidupan sekolah
6.6.1. Warga sekolah terlibat
dalam pengelolaan kegiatan akademis dan nonakademis
|
3
|
Tahun pelajaran berikutnya sekolah kami akan melibat warga sekolahsecara
langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis
|
|||
13
|
6.6.2. Sekolah melibatkan
anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis.
|
3
|
Sekolah kami akan mengadakan
sosialisasi tentang keterlibatan masyarakat di dunia pendidikan
|
|||
PEROLEHAN SKOR / SKOR
MAKSIMUM
|
27
|
52
|
||||
PROSENTASE KETERCAPAIAN
|
27 / 52 X
100 % = 51,92 %
|
|||||
KATEGORI TINGKAT
KETERCAPAIAN
|
Tahap : 2 / Cukup
Memenuhi SPM . Sekolah mempunyai kekuatan tetapi
masih banyak
Kekurangan yang memerlukan perbaikan-perbaikan.
|
No
|
Standar
|
Tahapan
Pengembangan
|
REKOMENDASI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
VII
|
STANDAR PEMBIAYAAN
|
|||||
1
|
7.1. Sekolah merencanakan keuangan sesuai standar
7.1.1.
Anggaran sekolah dirumuskan merujuk Peraturan Pemerintah, pemerintahan
provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota
|
3
|
Sekolah kami mengusahakan bantuan
dana dari donatur, alumni dan
pihak-pihak lain yang syah dan dibenarkan olah
undang-undang.
|
|||
2
|
7.1.2.
Perumusan RAPBS melibatkan Komite sekolah dan pemangku
kepentingan yang relevan
|
3
|
Tahunyang akan datang, sekolah akan merumusan RAPBS/RKAS
melibatkan Komite Sekolah dan pemangku
kepentingan yang relevan.
|
|||
3
|
7.1.3.
Penyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan secara transparan,
efisien, dan akuntabel.
|
2
|
Tahun yang akan datang sekolah kami akan mengelola keuangan sesuai dengan RKA dan RKS
|
|||
4
|
7.1.4.
Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku
kepentingan.
|
2
|
1. Sekolah akan menggali sumber
dana lain yang syah
2. Laporan keuangan akan
disampaikan juga kepada pemangku kepentingan, tetapi masih perlu dilakukan
secara rutin dan proses yang transparan.
|
|||
5
|
7.2. Upaya sekolah untuk
mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya
7.2.1. Sekolah
memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri
|
2
|
Sekolah akan
mempertimbangkan penggunaan sumber daya atau prasarana sekolah untuk mencari
sumber pembiayaan tambahan
|
|||
6
|
7.2.2. Sekolah
membangun jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat.
|
1
|
Sekolah akan mencoba mencari
solusi untuk untuk membangun jaringan kerja dengan dunia usaha
|
|||
7
|
7.2.3. Sekolah memelihara hubungan dengan alumni.
|
3
|
Tahun depan sekolah akan
membuat wadah alumni serta mempunyai program yang melibatkan alumni
|
|||
8
|
7.3. Sekolah menjamin kesetaraan akses
7.3.1. Sekolah
melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan
kebutuhan khusus.
|
1
|
Sekolah kami akan
mengupayakan melayani semua siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi,
melalui pengumpulan dana yang tidak mengikat
|
|||
9
|
7.3.2. Sekolah
melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi
|
2
|
||||
PEROLEHAN SKOR / SKOR
MAKSIMUM
|
19
|
36
|
||||
PROSENTASE KETERCAPAIAN
|
19 / 36 X
100% = 52,77 %
|
|||||
KATEGORI TINGKAT
KETERCAPAIAN
|
Tahap : 2 / Cukup
-
Memenuhi
SPM, ada kekuatan , kekurangan perlu perbaikan- perbaikan terutama hubungan
dengan alumni dan donatur.
-
Keterlibatan
komite dalam merumuskan RAPBS,RKS,RKAS perlu di usahakan.
|
No
|
Standar
|
Tahapan
Pengembangan
|
REKOMENDASI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
VIII
|
STANDAR PENILAIAN
|
|||||
1
|
8.1. Sistem penilaian
disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun
nonakademik
8.1.1. Guru menyusun
perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik
|
3
|
Guru harus mengembangkan
instrument dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penilaian
yang dipilih
|
|||
2
|
8.1.2. Guru memberikan
informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM).
|
3
|
Sekolah akan mengadakan
pelatihan tentang tehnik dan rubrik penilaian
|
|||
3
|
8.1.3. Guru melaksanakan
penilaian secara teratur berdasarkan rencana yang telah dibuat.
|
3
|
Sekolah akan membentuk tim
penyusun naskah soal baik untuk ulangan harian maupun ulangan semester
|
|||
4
|
8.1.4. Guru
menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur
prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.
|
3
|
Tahun yang akan datang sekolah
kami akan menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian sesuai
dengan target kompetensi yang ingin diukur.
|
|||
5
|
8.2. Penilaian berdampak pada proses belajar
8.2.1. Guru memberikan
masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta
didik.
|
3
|
Guru-guru di sekolah kami akan
mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan peserta didik disertai balikan/komentar yang mendidik
|
|||
6
|
8.2.2. Guru menggunakan
hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.
|
3
|
Guru-guru di sekolah kami
harus menggunakan hasil penilaian peserta didik dalam mereview rencana
pembelajaran yang telah disusun.
|
|||
7
|
8.3. Orangtua peserta
didik terlibat dalam proses belajar anak mereka
8.3.1. Sekolah melaporkan
hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada
setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku
laporan pendidikan.
|
3
|
Sekolah kami perlu
mendiskusikan secara lebih
rinci untuk masing-masing peserta didik secara berkala untuk
memudah program tindak lanjut
|
|||
8
|
8.3.2. Sekolah melibatkan
orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.
|
3
|
Sekolah akan mengundang
orang tua /wali peserta didik untuk diarahkan agar membantu dalam motivasi dan
fasilitas belajar
kepada putra / putrinya
|
|||
PEROLEHAN SKOR / SKOR
MAKSIMUM
|
24
|
32
|
||||
PROSENTASE KETERCAPAIAN
|
24/32 X
100 % = 75 %
|
|||||
KATEGORI TINGKAT
KETERCAPAIAN
|
Tahap : 3 / Baik
-
Memenuhi
SNP, kinerja sekolah masih perlu ditingkatkan dalam
mengembangkan instrument dan pedoman penilaian.
-
Perlu pelatihan tentang rubrik penilaian, teknik,
bentuk, dan jenis penilaian,
|
Dolokgede, Januari 2013
Kepala Sekolah
SUTARJO, S.Pd
NIP.19640502
198504 1 009