Kompetensi 1 : Mengenal karakteristik peserta didik
Jenis dan cara menilai :
Kompetensi Pedagogik (Pengamatan dan Pemantauan)
Pernyataan : Guru mencatat dan menggunakan
informasi tentang karakteristik peserta didik untuk membantu proses
pembelajaran. Karakteristik ini terkait dengan aspek fisik intelektual, sosial
emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.
Indikator
|
1. Guru dapat mengidentifikasi karakteristik
belajar setiap peserta didik di kelasnya.
2. Guru memastikan bahwa semua peserta didik
mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan
pembelajaran.
3. Guru dapat mengatur kelas untuk
memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan
kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
4. Guru mencoba mengetahui penyebab
penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut
tidak merugikan peserta didik lainnya.
5. Guru membantu mengembangkan potensi dan
mengatasi kekurangan peserta didik.
6. Guru memperhatikan peserta didik dengan
kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga
peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok-olok,
minder, dsb.).
|
Proses Penilaian
|
Sebelum Pengamatan:
1.
Mintalah daftar nama peserta didik.
1.1 Pilihlah 4 (empat) nama peserta didik
secara random. Tanyakan bagaimana kemampuan belajar keempat peserta didik
tersebut. Mintalah bukti hasil ulangan terakhir keempat peserta didik
tersebut.
1.2 Pilihlah 4 (empat) nama peserta didik lain.
Tanyakan bagaimana karakteristik keempat peserta didik tersebut (aktif,
pendiam, pemalu, ceria, dsb.).
2.
Mintalah guru untuk memilih
satu nama peserta didik dengan karakteristik teretntu (misalnya aspek
intelektual). Tanyakan bagaimana cara membantu mengembangkan potensinya
tersebut.
3.
Mintalah guru memilih satu
nama peserta didik dengan kekurangan tertentu (misalnya aspek sosial).
Tanyakan bagaimana cara membantu peserta didik tersebut untuk mengatasi kelemahannya.
4.
Tanyakan kepada guru, apakah
di kelas ada peserta didik yang mempunyai kelainan fisik tertentu. Bila ada,
bagaimana cara memastikan bahwa peserta didik tersebut dapat belajar dengan
baik.
5.
Tanyakan kepada guru, apakah
baru-baru ini ada kejadian luar biasa dalam keluarga peserta didik
(kelahiran, kematian, sedang ada yang sakit, dsb.). Tanyakan apakah hal
tersebut berdampak terhadap pembelajaran peserta didik yang bersangkutan, dan
bagaimana mengatasinya.
6.
Tanyakan kepada guru apakah
ada peserta didik di kelas yang selalu menggangu peserta didik lain. Bila
ada, bagaimana upaya untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan
peserta didik lain.
7.
Mintalah guru untuk
menjelaskan karakteristik umum kelas yang diajarnya (kelas yang rata-rata
memiliki peserta didik yang cerdas, kreatif, rata-rata baik dalam mata
pelajaran tertentu, dsb.).
Selama Pengamatan:
1.
Amati apakah guru mengatur
posisi tempat duduk peserta didik sesuai dengan kegiatan/aktivitas
pembelajaran yang dilakukan.
2.
Amati apakah guru hanya diam
di depan kelas atau kelilingi untuk mensupervisi peserta didik masing-masing.
3.
Amati apakah selama proses
pembelajaran guru melakukan pengecekan secara rutin dengan bertanya kepada
peserta didik tentang keterbacaan media belajar yang digunakan (termasuk
penjelasan pada papan tulis).
4.
Amati apakah selama proses
pembelajaran guru melakukan pengecekan secara rutin bahwa semua peserta didik
secara aktif melaksanakan tugas-tugas yang diberikan.
5.
Amati apakah ada peserta
didik yang melakukan kegiatan lain di luar kegiatan yang seharusnya dilakukan
dan bagaimana guru bersikap terhadap peserta didik yang demikian.
Setelah pengamatan:
1.
Tanyakan kepada guru apakah
ada alasan tertentu dari penempatan peserta didik (posisi tempat duduk) di
dalam kelas (karena pendengaran atau penglihatan yang kurang jelas, karena
perlu konsentrasi, dsb.).
2.
Mintalah guru menjelaskan
persepsinya tentang hasil pembelajaran peserta didik (apakah sukses, apakah
ada anak yang tidak berpartisipasi, dsb.).
Pemantauan:
Periksa pada awal dan pertengahan semester apakah
guru membuat catatan tentang kemajuan dan perkembangan peserta didik.
|
Kompetensi 2 : Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Jenis dan cara menilai :
Pedagogik (Pengamatan)
Pernyataan : Guru
menetapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang
mendidik secara kreatif sesuai dengan standar kompetensi guru. Guru menyesuaikan
metode pembelajaran supaya sesuai dengan karakteristik peserta didik dan
memotivasi mereka untuk belajar.
Indikator
|
1. Guru memberi kesempatan kepada peserta
didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan
belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang
bervariasi.
2. Guru selalu memastikan tingkat pemahaman
peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan
aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut.
3. Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan
kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda
dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
4. Guru menggunakan berbagai teknik untuk
memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
5. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran
yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran
maupun proses belajar peserta didik.
6. Guru memperhatikan respon peserta didik
yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan
menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
|
Proses Penilaian
|
Sebelum Pengamatan:
Mintalah RPP pada guru dan periksalah RPP tersebut.
1.
Pilihlah satu topik
pembelajaran tertentu. Tanyakan bagaimana strategi untuk mencapai tujuan
pembelajaran tersebut, seberapa penting tujuan pembelajaran tersebut, dan
bagaimana kaitannya dengan tujuan pembelajaran sebelumnya.
2.
Tanyakan seberapa jauh
kegiatan atau aktivitas pembelajaran yang akan dilaksanakan sesuai dengan
usia, kesiapan belajar, tingkat pembelajaran, dan cara belajar pserta didik.
3.
Tanyakan alasan yang melatar
belakangi penyusunan rencana kegiatan atau rencana aktivitas dalam RPP.
Selama Pengamatan:
1.
Amati apakah guru
melaksanakan aktivitas pembelajaran secara bervariasi.
2.
Amati apakah guru memberi kesempatan
kepada semua peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia
dan kemampuan belajarnya.
3.
Amati apakah guru selalu
memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran
tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan
tingkat pemahaman tersebut.
4.
Amati apakah guru
memanfaatkan berbagai teknik untuk memberikan motivasi kemauan belajar
peserta didik melalui pemanfaatan berbagai teknik pembelajaran.
5.
Amati bagaimana guru
menghubungkan hal-hal baru dengan pengetahuan awal yang dimiliki peserta
didik.
6.
Amati bagaimana kegiatan yang
dilaksanakan dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
7.
Amati bagaimana guru
menanggapi respon peserta didik terhadap materi yang sedang diajarkan.
Setelah pengamatan:
1.
Pilihlah satu aktivitas guru
di kelas (yang diamati pada saat pengamatan) yang sesuai dengan rencana
pembelajaran. Tanyakan mengapa guru melaksanakan aktivitas tersebut dan
bagaimana kaitannya dengan tujuan pembelajaran.
2. Pilihlah satu aktivitas di kelas (yang diamati pada saat
pengamatan) yang dilaksanakan berbeda dari rencana pembelajaran. Tanyakan
mengapa guru mengubah pelaksanaan pembelajaran menjadi sangat berbeda dengan
rencana semula. Tanyakan pula apakah pengubahan tersebut terkait dengan keberhasilan
pembelajaran.
Pemantauan: -
|
Kompetensi 3 : Pengembangan kurikulum
Jenis dan cara menilai :
Pedagogik (Pengamatan)
Pernyataan : Guru menyusun silabus sesuai dengan
tujuan terpenting kurikulum dan menggunakan RPP sesuai dengan tujuan dan
lingkungan pembelajaran. Guru memilih, menyusun, dan menata materi pembelajaran
yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Indikator
|
1. Guru dapat menyusun silabus yang sesuai
dengan kurikulum.
2. Guru merancang rencana pembelajaran yang
sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik
dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.
3. Guru mengikuti urutan materi pembelajaran
dengan memperhatikan tujuan pembelajaran.
4. Guru memilih materi pembelajaran yang: a)
sesuai dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan
usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik, dan d) dapat dilaksanakan
di kelas e) sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik.
|
Proses Penilaian
|
Sebelum Pengamatan:
Periksalah RPP, dan cermati apakah RPP tersebut
telah sesuai dengan silabus dalam kurikulum sekolah
Selama Pengamatan:
1. Amati seberapa lancar, jelas dan lengkap
guru menyampaikan materi yang diajarkannya
2. Amati bagaimana guru menyesuaikan materi
yang dijarkan dengan usia, latar belakang, dan tingkat pembelajaran peserta
didik
3. Amati bagaimana guru menghubungkan materi
yang diajarkan dengan lingkungan dan kehidupan sehari-hari peserta didik
4. Amati apakah materi yang diajarkan guru
adalah materi yang mutakhir
5. Amati apakah kegiatan/aktifitas
pembelajaran yang dilaksanakan guru mencakup berbagai tipe pembelajaran siswa
6. Amati bagaimana guru membantu
mengembangkan kemampuan atau keterampilan generiknya (kreatifitas, berpikir
kritis, berpikir inovatif, dan pemecahan masalah, dsb): Berapa jauh
pengetahuan atau keterampilan generik tersebut tercakup dalam mata pelejaran
tersebut
Setelah pengamatan:
Meminta guru menjelaskan bagaimana dia memanfaatkan
hasil pembelajaran yang dilaksanakannya untuk mengembangkan topik mata
pelajaran berikutnya.
Pemantauan: -
|
Kompetensi 4 : Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
Jenis dan cara menilai :
Pedagogik (Pengamatan)
Pernyataan : Guru menyusun dan melaksanakan
rancangan pembelajaran yang mendidik secara lengkap. Guru melaksanakan kegiatan
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Guru menyusun dan
menggunakan berbagai materi pembelajaran dan sumber belajar sesuai dengan
karakteristik peserta didik. Jika relevan, guru memanfaatkan teknologi
informasi komunikasi (TIK) untuk kepentingan pembelajaran.
Indikator
|
1. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran
sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan
aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya.
2. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran
yang bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk
menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan.
3. Guru mengkomunikasikan informasi baru
(misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar
peserta didik.
4. Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan
peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata-mata
kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu
peserta didik lain yang setuju atau tidak setuju dengan jawaban tersebut,
sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yang benar.
5. Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran
sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari
peserta didik.
6. Guru melakukan aktivitas pembelajaran
secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang
sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian
peserta didik.
7. Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa
mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta
dapat termanfaatkan secara produktif.
8. Guru mampu menyesuaikan aktivitas
pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas.
9. Guru memberikan banyak kesempatan kepada
peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik
lain.
10. Guru mengatur pelaksanaan aktivitas
pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik.
Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman
peserta didik terhadap materi sebelumnya.
11. Guru menggunakan alat bantu mengajar,
dan/atau audio-visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar
peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
|
Proses Penilaian
|
Sebelum
Pengamatan:
Mintalah RPP pada guru dan periksalah RPP tersebut.
1.
Tanyakan tentang topik dan
kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Tanyakan apakah kemungkinan akan
ada kesulitan dalam membahas topik tersebut untuk mencapai tujuan yang
ditetapkan.
2.
Bila ada peserta didik yang
mengalami kesulitan untuk memahami materi tersebut, bagaimana strategi guru
untuk mengatasinya.
3.
Tanyakan bagaimana cara
menentukan tingkat pemahaman peserta didik terhadap topik tersebut.
Selama Pengamatan:
1. Amati apakah guru menyesuaikan kemampuan
peserta untuk berkonsentrasi dalam menerima pelajaran sesuai dengan tingkat
perkembangannya
2. Amati apakah semua kegiatan yang
dilaksanakan dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk mencapai
tujuan pembelajaran
3. Amati bagaimana guru mengelola aktifitas
(misalnya apakah waktunya sesuai dengan RPP atau yang direncanakan, apakah
guru melaksanakan pembelajaran sesuai atau tidak dengan tujuan pembelajaran
yang direncanakan
4. Amati seberapa lama waktu yang digunakan
oleh peserta didik untuk melaksanakan kegiatan/aktifitas pembelajaran untuk
menghasilkan sesuatu yang bersifat produktif, dan berapa lama peserta didik
hanya menerima keterangan, informasi atau instruksi dari guru dalam
pembelajarannya
5. Amati bagaimana guru membantu setiap
peserta didik untuk melakukan kegiatannya masing-masing, apakah ada peserta
didik yang tidak terlibat aktif dalam pembelajarannya dan bagaimana guru
menangani peserta didik tersebut.
6. Amati bagaimana guru menggunakan media
pembelajaran tersebut di bawah ini, apakah sesuai dengan tujuan pembelajaran,
apakah dapat membantu cara belajar atau memotivisai peserta didik, serta
seberapa terampil guru menggunakannya.
a) Papan tulis
b) Gambar dan/atau bahan tercetak
c) Alat bantu video visual
d) Komputer/TIK
e) Media lainnya
Setelah
pengamatan:
Mintalah guru untuk menjelaskan seberapa jauh
tingkat keberhasilan dalam pembelajaran yang dilaksanakan, dan
mengidentifikasikan bagian apa yang perlu diperbaiki.
Pemantauan: -
|
Kompetensi 5 : Memahami dan mengembangkan potensi
Jenis dan cara menilai :
Pedagogik (Pengamatan dan Pemantauan)
Pernyataan : Guru
menganalisis potensi pembelajaran setiap peserta didik dan mengidentifikasi
pengembangan potensi peserta didik melalui program pembelajaran yang mendukung
siswa mengaktualisasikan potensi akademik, kepribadian, dan kreativitasnya
sampai ada bukti jelas bahwa peserta didik mengaktualisasikan potensi mereka.
Indikator
|
1. Guru menganalisis hasil belajar
berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk
mengetahui tingkat kemajuan masing-masing.
2. Guru merancang dan melaksanakan aktivitas
pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan
kecakapan dan pola belajar masing-masing.
3. Guru merancang dan melaksanakan aktivitas
pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis
peserta didik.
4. Guru secara aktif membantu peserta didik
dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.
5. Guru dapat mengidentifikasi dengan benar
tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masing-masing peserta
didik.
6. Guru memberikan kesempatan belajar kepada
peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing.
7. Guru memusatkan perhatian pada interaksi
dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan
informasi yang disampaikan.
|
Proses Penilaian
|
Sebelum Pengamatan:
Periksa daftar hadir, pilih 4 (empat)
nama peserta didik secara acak, dan mintalah guru menerangkan hal-hal
berikut:
1. Bagaimana guru dapat menunjukkan kekuatan
dan kelemahan belajar peserta didik (misalnya melalui pengamatan sikap
peserta didik terhadap materi atau mata pelajaran tertentu).
2. Tindakan apa yang dilakukan guru untuk
mengembangkan kekuatan dan mengatasi kelemahan tersebut.
3. Apakah peserta didik tersebut pernah
mendapat bantuan dari guru BK.
Selama
Pengamatan:
1. Amati seberapa jauh guru memperhatikan
setiap peserta didik, apakah guru hanya memberikan perhatian kepada peserta
didik yang memiliki kelebihan tertentu saja.
2. Amati bagaimana guru menyakinkan setiap
peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran.
3. Amati seberapa jauh guru memberikan
perhatian terhadap kontribusi yang diberikan oleh peserta didik dan berapa
banyak kesempatan yang diberikan kepada peserta didik untuk menyampaikan
pemikiran/pendapatnya.
4. Amati bagaimana guru memotivasi peserta
didik untuk bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan topik yang
dibahas.
5. Amati bagaimana guru memotivasi peserta
didik untuk mengembangkan pemikiran dan pengalamannya yang melebihi
pengetahuan dan pengalaman di lingkungan dan kehidupan sehari-hari.
Setelah pengamatan:
1. Mintalah guru menjelaskan apakah ada tindak
lanjut yang akan dilakukan karena topik tersebut menarik atau sulit, dan
bagaimana melanjutkannya.
2. Mintalah guru menjelaskan apakah ada
peserta didik yang pernah mendapat perhatian khusus untuk mengembangkan
potensinya dan manfaatnya untuk perbaikan RPP.
Pemantauan:
Periksa apakah guru memiliki dokumen tentang
kemajuan belajar setiap peserta didik.
|
Kompetensi 6 : Komunikasi dengan Peserta Didik
Jenis dan cara menilai :
Pedagogik (Pengamatan)
Pernyataan : Guru
berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dan
bersikap antusias dan positif. Guru memberikan respon yang lengkap dan relevan
kepada komentar atau pertanyaan peserta didik.
Indikator
|
1. Guru menggunakan pertanyaan untuk
mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk
memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab
dengan ide dan pengetahuan mereka.
2. Guru memberikan perhatian dan
mendengarkan semua pertanyaan dan respon peserta didik, tanpa menginterupsi,
kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/respon
tersebut.
3. Guru merespon pertanyaan peserta didik
secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi
kurikulum, tanpa mempermalukannya.
4. Guru menyajikan kegiatan pembelajaran
yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar peserta didik.
5. Guru mendengarkan dan memberikan
perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang
dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
6. Guru memberikan perhatian terhadap
pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk
menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
|
Proses Penilaian
|
Sebelum Pengamatan:
Mintalah guru menjelaskan bagaimana mendorong
interaksi aktif antar peserta didik
Selama Pengamatan:
1. Amati berapa lama waktu yang digunakan
oleh:
a) guru untuk berbicara di kelas
b) guru untuk berbicara kepada peserta didik
secara individu
c) peserta didik untuk menjawab pertanyaan
guru
d) peserta didik untuk memulai berinterkasi
dengan guru
e) peserta didik untuk bekerja bersama-sama
f) peserta didik untuk bekerja mandiri
2. Amati saat peserta didik bekerja dalam
kelompok, berapa banyak anggotanya, dan apakah setiap anggota kelompok
memiliki waktu yang cukup untuk berpatisipasi secara aktif dalam kegiatan yang
sedang dilakukan
3. Amati bagaimana guru memastikan peserta
didik yang duduk di belakang atau di samping kanan-kiri kelas untuk
berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran
4. Amati variasi pertanyaan yang digunakan
guru (apakah pertanyaan tersebut hanya untuk anak yang pandai atau mencakup
juga untuk anak yang kurang pandai)
5. Cermati seberapa banyak pertanyaan
terbuka yang disampaikan oleh guru dibandingkan pertanyaan yang telah
diketahui jawabannya
6. Amati bagaimana cara guru memilih peserta
didik yang akan menjawab pertanyaan tersebut
7. Amati bagaimana guru merespon jawaban
peserta didik dan berapa sering guru mendorong peserta didik untuk
bekerjasama dalam menjawab pertanyaan
Setelah pengamatan:
Meminta guru menjelaskan tentang
persepsinya berkaitan dengan efektifitas komunikasi yang terjadi selama
proses pembelajaran, misalnya pertanyaan dari peserta didik cukup banyak.
Pemantauan: -
|
Kompetensi 7: Penilaian dan Evaluasi
Jenis dan cara menilai :
Pedagogik (Pengamatan)
Pernyataan : Guru
menyelenggarakan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan.
Guru melakukan evaluasi atas efektivitas proses dan hasil belajar dan
menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program
remedial dan pengayaan. Guru menggunakan hasil analisis penilaian dalam proses
pembelajarannya.
Indikator
|
1. Guru menyusun alat penilaian yang sesuai
dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang
tertulis dalam RPP.
2. Guru melaksanakan penilaian dengan
berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang
dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta
didik, tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan
akan dipelajari.
3. Guru menganalisis hasil penilaian untuk
mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui
kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial
dan pengayaan
4. Guru memanfaatkan masukan dari peserta
didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya, dan
dapat membuktikannya melalui catatan, jurnal pembelajaran, rancangan
pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya.
5. Guru memanfatkan hasil penilaian sebagai
bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
|
Proses Penilaian
|
Sebelum Pengamatan:
1. Meminta guru untuk menyediakan RPP dan
alat penilaian. Periksa apakah alat penilaian
sesuai dengan tujuan pembelajaran. Mintalah guru menjelaskan bagaimana
memanfaatkan perangkat tersebut untuk merencanakan, memonitor kemajuan dan
perkembangan peserta didik dalam pembelajarannya
2. Meminta guru menjelaskan berbagai teknik
dan jenis penilaian yang pernah dilakukan.
Selama Pengamatan:
-
Setelah Pengamatan:
1. Meminta guru menjelaskan bagaimana cara
memperoleh masukan balik tentang pengajarannya (misalnya evaluasi oleh
peserta didik, komentar dari teman sekerja, refleksi diri, dsb)
2. Meminta guru menunjukkan hasil analisis
penilaian dan menunjukkan topik kempetensi yang sulit untuk keperluan
remedial.
3. Bagaimana
guru mengkomunikasikan hasil
penilaian kepada peserta didik dan menunjukkan materi pembelajaran yang belum
dikuasai peserta didik
4. Bagaimana guru mendeskripsikan dan
memanfaatkan hasil analisis penilaian untuk merencanakan dan melaksanakan
pembelajaran berikutnya
Pemantauan: -
|
Kompetensi 8 : Bertindak
sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia
Jenis dan cara menilai :
Kepribadian (Pengamatan dan Pemantauan)
Pernyataan : Guru bertindak sesuai dengan hukum di
Indonesia. Semua kegiatan yang dilaksanakan oleh guru mengindikasikan
penghargaanya terhadap berbagai keberagaman agama, keyakinan yang dianut, suku,
adat istiadat daerah asal, latar belakang sosial ekonomi, dan/atau tampilan
fisik.
Indikator
|
1. Guru menghargai dan mempromosikan
prinsip-prinsip Pancasila sebagai dasar ideologi dan etika bagi semua warga
Indonesia.
2. Guru mengembangkan kerjasama dan membina
kebersamaan dengan teman sejawat tanpa memperhatikan perbedaan yang ada
(misalnya: suku, agama, dan gender).
3. Guru saling menghormati dan menghargai
teman sejawat sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing-masing.
4. Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan
sebagai bangsa Indonesia.
5. Guru mempunyai pandangan yang luas
tentang keberagaman bangsa Indonesia
(misalnya: budaya, suku, agama).
|
Proses Penilaian
|
Sebelum Pengamatan: -
Bagaimana pandangan guru tentang
keberagaman bangsa Indonesia
(misalnya: budaya, suku, agama).
Selama Pengamatan:
Setelah Pengamatan: -
Pemantauan:
Penilai mewawancarai warga sekolah (teman sejawat,
peserta didik, orang tua, dan tenaga kependidikan lainnya), dan meminta
penjelasan dan contoh tentang perilaku dan reputasi guru yang dinilai terkait
dengan:
1. Bagaimana guru memahami prinsip-prinsip
Pancasila sebagai dasar ideologi dan etika bagi semua warga Indonesia.
2. Bagaimana sikap guru dalam pergaulan
sehari-hari (menghormati, menghargai,
dan membantu satu sama lain, sesuai dengan kondisi dan keberadaan
masing-masing, bangga sebagai bangsa
Indonesia).
3. Bagaimana pandangan guru tentang
keberagaman bangsa Indonesia
(misalnya: budaya, suku, agama).
|
Kompetensi 9 : Menunjukan pribadi yang dewasa dan teladan
Jenis dan cara menilai :
Kepribadian (Pengamatan dan Pemantauan)
Pernyataan : Guru menampilkan diri sebagai teladan
bagi peserta didik dan masyarakat. Guru dihormati oleh peserta didiknya dan
oleh anggota masyarakat sekitarnya, termasuk orang tua siswa.
Indikator
|
1. Guru bertingkah laku sopan dalam
berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap semua peserta didik, orang
tua, dan kolega.
2. Guru mau membagi pengalamannya dengan
kolega, termasuk mengundang mereka untuk mengobservasi cara mengajarnya dan
memberikan masukan.
3. Guru mampu mengelola pembelajaran yang
membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik, sehingga semua peserta
didik selalu memperhatikan guru dan berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran.
4. Guru bersikap dewasa dalam menerima
masukan dari peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
5. Guru berperilaku baik untuk mencitrakan
nama baik sekolah.
|
Proses Penilaian
|
Sebelum Pengamatan: -
Selama Pengamatan:
1. Amati bagaimana guru berbicara dan
bersikap terhadap peserta didiknya
(misalnya apakah sesuai dengan usia, tidak merendahkan diri peserta didik,
santun, dsb.).
2. Amati bagaimana peserta didik berbicara
dan bersikap terhadap gurunya (misalnya sopan, santun, terbuka, apakah
peserta didik selalu memperhatikan guru waktu berbicara, selalu melaksanakan
petunjuk guru, apakah guru perlu medisiplinkan peserta didiknya, dsb.).
3. Amati bagaimana guru memastikan setiap
peserta didik melakukan tugas dan berpartisipasi aktif dalam pembelajarannya.
Setelah Pengamatan: -
Pemantauan:
Penilai melakukan wawancara dengan kepala
sekolah, wakil kepala sekolah dan/atau koordinator PKB tentang:
1. Kehadiran guru di sekolah dan di kelas
(apakah selalu hadir sesuai jam mengajarnya, apakah selalu masuk kelas tepat
waktu, dsb.).
2. Apakah guru memenuhi tugas
non-pembelajarannya dan bagaimana guru mempersiapkan tugas-tugas tersebut
(misalnya apakah hasil tes dikembalikan kepada peserta didik tepat waktu,
apakah rajin melakukan supervisi kegiatan ekstra-kurikulum, dsb), dan apakah
pekerjaannya sesuai dengan standar yang diharapkan oleh sekolah.
3. Bagaimana guru berbagi pengalaman
keberhasilan dalam pembelajaran dengan teman sejawat.
4. Bagaimana guru bekerja sebagai anggota
kelompok dalam komunitas sekolah termasuk dalam kegiatan KKG/MGMP.
|
Kompetensi 10 : Etos kerja, tanggung jawab yang
tinggi, rasa bangga menjadi guru
Jenis dan cara menilai :
Kepribadian (Pengamatan dan Pemantauan)
Pernyataan : Guru berperilaku sesuai dengan kode
etik profesi guru. Guru melaksanakan tugasnya
sesuai dengan harapan kepala sekolah/madrasah dan komite sekolah/madrasah.
Semua kegiatan guru memperhatikan kebutuhan peserta didik, teman sekerja, dan
tujuan sekolah.
Indikator
|
1. Guru mengawali
dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu.
2. Jika guru harus
meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal
produktif terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain
untuk mengawasi kelas.
3. Guru memenuhi jam
mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar
berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah.
4. Guru meminta ijin
dan memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah jika
tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses
pembelajaran di kelas.
5. Guru
menyelesaikan semua tugas administratif dan non-pembelajaran dengan tepat
waktu sesuai standar yang ditetapkan.
6. Guru memanfaatkan
waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan
tugasnya.
7. Guru memberikan
kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang
berdampak positif terhadap nama baik sekolah.
8. Guru merasa
bangga dengan profesinya sebagai guru.
|
Proses Penilaian
|
Sebelum pengamatan: -
Selama Pengamatan:
Amati apakah guru memiliki materi
tambahan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dapat dipergunakan oleh guru
piket apabila guru bersangkutan harus melakukan tugas lain.
Setelah pengamatan: -
Pemantauan:
1. Dua kali dalam satu semester, penilai
melakukan kunjungan ke kelas di awal, di tengah dan di akhir jam pelajaran:
1.1.
Mengamati apakah guru tepat waktu dalam mengawali dan mengakhiri
kelasnya
1.2. Mengamati apakah peserta didiknya tetap
melakukan tugas-tugas mereka sesuai dengan jadwal
2. Dua kali dalam satu semester penilai
bertanya kepada peserta didik:
1.1. Apakah guru yang bersangkutan pernah
tidak hadir
1.2.
Jika guru tidak hadir kegiatan apa yang peserta didik lakukan.
3. Dalam wawancara dengan warga sekolah
(teman sejawat, peserta didik, orang tua, dan tenaga kependidikan lainnya,
koordinator PKB), penilai meminta mereka untuk menjelaskan perilaku guru yang
dinilai terhadap tugas-tugas non pembelajaran.
|
Kompetensi 11 : Bersikap
inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif.
Jenis dan cara menilai :
Sosial (Pengamatan dan Pemantauan)
Pernyataan : Guru menghargai peserta didik, orang
tua peserta didik dan teman sejawat. Guru bertindak inklusif, serta tidak
diskriminatif terhadap peserta didik, teman sejawat, dan masyarakat sekitar.
Guru menerapkan metode pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran semua
peserta didik.
Indikator
|
1. Guru memperlakukan semua peserta didik
secara adil, memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing-masing,
tanpa memperdulikan faktor personal.
2. Guru menjaga hubungan baik dan peduli
dengan teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif
terhadap semua diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya.
3. Guru sering berinteraksi dengan peserta
didik dan tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu
(misalnya: peserta didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama
dengan guru).
|
Proses Penilaian
|
Sebelum Pengamatan: -
Selama Pengamatan:
1. Amati bagaimana guru membagi waktunya
dalam berinteraksi dengan peserta didik, baik secara individu maupun
kelompok.
2. Amati bagaimana guru melakukan interaksi
(bertanya, berdiskusi, dsb) dengan peserta didik untuk menarik perhatian
seluruh peserta didik di kelas.
3. Amati bagaimana guru menghargai proses
dan hasil kerja peserta didik yang dianggap baik.
4. Amati bagaimana guru menangani persaingan yang tidak sehat
antar peserta didik.
5. Amati bagaimana guru manangani peserta
didik yang melakukan tindakan negatif terhadap peserta didik lainnya (misalnya
diskriminasi etnik, gender, agama, dsb.).
6. Amati apakah guru memberikan perhatian
yang sama terhadap setiap peserta didik, atau hanya memberikan perhatian
terhadap peserta didik atau kelompok peserta didik tertentu
Setelah Pengamatan: -
Pemantauan:
1. Tanyakan kepada kepala sekolah, wakil
kepala sekolah, atau koordinator PKB tentang:
1.1.
Hubungan dan kepedulian guru terhadap teman sejawat dan orang tua
peserta didik.
1.2.
Kontribusi guru dalam berbagai diskusi formal dan informal terkait
dengan pekerjaannya.
|
Kompetensi 12 : Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan,
orang tua peserta didik, dan masyarakat.
Jenis dan cara menilai :
Sosial (Pemantauan)
Pernyataan : Guru
berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan dengan orang tua peserta
didik dan masyarakat. Guru menyediakan informasi resmi (baik lisan maupun tulisan) kepada orang tua
peserta didik tentang program pembelajaran dan kemajuan peserta didik
(sekurang-kurangnya dua kali dalam setahun). Guru berpartisipasi dalam kegiatan
kerjasama antara sekolah dan masyarakat dan berkomunikasi dengan komunitas
profesi dan berpartisipasi dalam kegiatan yang relevan.
Indikator
|
1. Guru menyampaikan informasi tentang
kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya, baik dalam
pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang tua, teman
sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya.
2. Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan
di luar pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dan masyarakat dan
dapat memberikan bukti keikutsertaannya.
3. Guru memperhatikan sekolah sebagai bagian
dari masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, serta berperan
dalam kegiatan sosial di masyarakat.
|
Proses Penilaian
|
Sebelum Pengamatan: -
Selama Pengamatan: -
Setelah Pengamatan: -
Pemantauan:
1. Penilai meminta guru menyediakan
dokumen/catatan tentang pertemuan guru dengan orang tua berkaitan dengan
kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik. Cermati dan catat aspek
spesifik yang telah dilakukan guru terkait dengan hal-hal tersebut.
2. Penilai meminta guru menyediakan
dokumen/catatan yang membuktikan kerjasamanya dengan teman sejawat dan/atau
tenaga kependidikan untuk membantu peserta didik yang membutuhkan layanan
khusus (misalnya layanan BK dengan guru BK, layanan administrasi dengan tenaga
kependidikan, dsb).
3. Tanyakan kepada teman sejawat dan/atau
orang tua peserta didik tentang perilaku, sikap, atau kegiatan guru yang
berhubungan dengan kegiatan non-pembelajaran
|
Kompetensi 13 : Penguasaan materi struktur konsep dan
pola pikir keilmuan yang men-dukung mata pelajaran yang diampu.
Jenis dan cara menilai :
Profesional (Pengamatan)
Pernyataan : Rancangan,
materi dan kegiatan pembelajaran, penyajian materi baru dan respon guru
terhadap peserta didik memuat informasi pelajaran yang tepat dan mutakhir.
Pengetahuan ini ditampilkan sesuai dengan usia dan tingkat pembelajaran peserta
didik. Guru benar-benar memahami mata pelajaran dan bagaimana mata pelajaran
tersebut disajikan di dalam kurikulum. Guru dapat mengatur, menyesuaikan dan
menambah aktifitas untuk membantu peserta didik menguasai aspek-aspek penting
dari suatu pelajaran dan meningkatkan minat dan perhatian peserta didik
terhadap pelajaran.
Indikator
|
1. Guru melakukan pemetaan standar
kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk
mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu
yang diperlukan.
2. Guru menyertakan informasi yang tepat dan
mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
3. Guru menyusun materi, perencanaan dan
pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat, mutakhir, dan yang
membantu peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran.
|
Proses Penilaian
|
Sebelum Pengamatan:
Cermati RPP. Pelajari apakah materi yang tercakup
dalam RPP merupakan materi yang tepat dan mutakhir.
Selama Pengamatan:
1. Amati apakah guru menguasai, terampil dan
lancar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran atau apakah guru harus sering
menggunakan catatan atau buku untuk menyampaikan pembelajaran.
2. Amati apakah guru melaksanakan kegiatan
pembelajaran berdasarkan kerangka topik yang dibahas, apakah guru dapat
mengidentifikasi bagian-bagian yang penting atau tidak dari topik tersebut
3. Amati apakah guru mengetahui topik-topik
tertentu yang mungkin sulit dipahami
oleh peserta didik dan memerlukan pengulangan secara bervariasi.
4. Amati bagaimana guru merespon pertanyaan
atau pendapat peserta didik (apakah guru mau mendengar, menghargai dan
merespon secara tepat dan benar pertanyaan dan pendapat peserta didik)
5. Amati bagaimana guru merespon pertanyaan
atau tanggapan peserta didik yang tidak relevan dengan tujuan pembelajaran
6. Amati berapa lama guru merespon
pertanyaan atau tanggapan peserta didik tertentu tanpa mengabaikan peserta
didik lainnya
Setelah pengamatan: -
Pemantauan: -
|
Kompetensi 14 : Mengembangkan keprofesian melalui
tindakan reflektif
Jenis dan cara menilai :
Profesional (Pemantauan)
Pernyataan : Guru melakukan refleksi terhadap
kinerja sendiri secara terus menerus dan memanfaatkan hasil refleksi untuk
meningkatkan keprofesian. Guru melakukan penelitian tindakan kelas dan
mengikuti perkembangan keprofesian melalui belajar dari berbagai sumber, guru
juga memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pengembangan keprofesian jika
dimungkinkan.
Indikator
|
1. Guru melakukan evaluasi diri secara
spesifik, lengkap, dan didukung dengan
contoh pengalaman diri sendiri.
2. Guru memiliki jurnal pembelajaran,
catatan masukan dari kolega atau hasil penilaian proses pembelajaran sebagai
bukti yang menggambarkan kinerjanya.
3. Guru memanfaatkan bukti gambaran
kinerjanya untuk mengembangkan
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran selanjutnya dalam program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
4. Guru dapat mengaplikasikan pengalaman PKB
dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran dan tindak lanjutnya.
5. Guru melakukan penelitian, mengembangkan
karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah (misalnya seminar, konferensi), dan
aktif dalam melaksanakan PKB.
6. Guru dapat memanfaatkan TIK dalam
berkomunikasi dan pelaksanaan PKB.
|
Proses Penilaian
|
Sebelum pengamatan: -
Selama Pengamatan: -
Setelah Pengamatan: -
Pemantauan:
1. Penilai meminta guru menyediakan evaluasi
diri dan rencana tahunan program PKB
2. Penilai meminta guru menyediakan bukti
tentang keikutsertaanya dalam melaksanakan kegiatan PKB
3. Penilai meminta guru menjelaskan dampak
PKB terhadap pembelajaran dengan contoh atau bukti yang dapat
dipertanggungjawabkan
4. Penilai meminta guru menyediakan bukti
tentang refleksi diri misalnya jurnal pembelajaran, catatan penting dalam
RPP, dsb.
5. Penilai bertanya kepada guru apakah
pernah mengakses website yang terkait dengan program PKB, jika ya berikan
contohnya.
6. Penilai meminta guru menjelaskan
bagaimana memperoleh masukan dari peserta didik tentang kegiatan pembelajaran
(misalnya apakah yang dipelajari menarik, bermanfaat bagi peserta didik,
sesuai dengan kebutuhannya, dsb.)
7. Penilai meminta guru menjelaskan apakah
guru merupakan anggota profesi tertentu, apakah guru selalu hadir dalam
kegiatan keprofesian: KKG/MGMP, seminar, lokakarya, dsb.
8. Penilai meminta guru menjelaskan tentang
perannya dalam kegiatan keprofesian (misalnya KKG/MGMP, seminar, lokakarya,
dsb.), dan apakah hasil kegiatan keprofesian diaplikasikan dalam kegiatan
pembelajaran dan diimbaskan kepada teman sejawat.
9. Penilai melaksanakan wawancara dengan
koordinator PKB dan bertanya bagaimana guru berpartisipasi dalam kegiatan
PKB.
10. Penilai melaksanakan wawancara dengan
pengelola dan/atau peserta KKG/MGMP bagaimana guru yang dinilai
berpartisiapasi dalam kegiatan yang dilaksanakan dalam program KKG/MGMP.
|
Semoga bermanfaat.....,,,,