Judul Berjalan

TULISAN MOUSE BERJALAN

BERJALAN KEKANAN DAN KEKIRI

SELAMAT BERGABUNG DENGAN KANGTARJOSENDANGREJO..... AYO LATIHAN NGE BLOG BERSAMA-SAMA

Berjalan kekanan kekiri

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MINAL AIDZIN WAL FA IDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

PEMBELAJARAN IPS (PETA)




Surfing di mbah google nyari software pendukung pembelajaran IPS dengan kata kunci “free software for social studies” akhirnya ketemu dengan sebuah free software sederhana yang menarik berupa peta animasi visualisasi perkembangan peradaban, kerajaan dan negara yang berkembang di Eropa, Afrika dan Asia antara tahun 3000 sebelum Masehi sampai dengan 1000 sesudah masehi. Softwarenya diberi nama Atlas of World History.
Cara penggunaannya cukup sederhana, klik file exe nya 2 kali untuk menginstal, shortcutnya sudah terbentuk di desktop. Klik button shotcut untuk mengaktifkan program, tinggal pilih jenis peta dan tahun-nya, ketika kita memilih tahun tertentu maka akan muncul peta animasi yang menunjukkan wilayah perkembangan peradaban, kerajaan dan negara yang berkembang di Eropa, Asia dan Afrika.
Jika ingin menggunakan di kelas, bisa menggunakan LCD atau di instal di komputer yang berada di laboratorium komputer. Untuk tingkat SMP/MTs bisa digunakan pada kelas IX pada materi perkembangan negara-negara di dunia, jika kelas VII bisa digunakan pada materi Penjelajahan Samudera, atau bisa juga pada pembelajaran Geografi untuk menampilkan bentuk permukaan muka bumi sebagai salah satu cara memadukan pemelajaran IPS Terpadu.
Jika ingin download bisa KLIK DISINI


UNTUK LATIHAN TRY OUT KELAS 6

Beberapa bulan kedepan tentu akan menghadapi beberapa evaluasi. Dan dalam masa senggang ini sengaja memberikan beberapa latihan soal yang intinya bisa dipergunakan untuk mengisi waktu luang.

bila Anda menginginkan Aplikasi ini bisa download link di bawah
http://www.ziddu.com/download/21194181/TRY_OUT_IPA_KELAS_6_TAHUN_2013.rar.html

TRY OUT KELAS 6 2013
 Bagi Anda yang memiliki tablet Android bisa browsing di google play  dan temukan software try out GRATIS dan langsung bisa anda download. berikut deskripsi dari google play :
Aplikasi Try Out berisi materi untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, SNMPTN, CPNS. Lengkap untuk semua pelajaran dan bab sesuai kurikulum Diknas dan Depag. Sangat memudahkan evaluasi hasil belajar bagi siswa, orangtua siswa, guru. Aplikasi tersedia dalam versi desktop (Windows) dan mobile (Android, BlackBerry, IOS).
 





PKn

 Sebagai persiapan adik-adik kelas 6 dalam menghadapi UAS, UN dan berbagai jenis evaluasi mulai sekarang saya akan mencoba untuk berbagi soal kepada Anda semua. Dan agar lebih menarik saya pergunakan aplikasi MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF sehingga Adik-adik pasti akan lebih tertarik karena di situ ada sistem nilai, musik yang atraktif dan juga ada alokasi waktu yang berjalan mundur dalam mengerjakan soal. Boleh dikata ini merupakan simulasi digital dari ujian sebenarnya

Dan dalam Aplikasi Latihan UAS 2013 berisi 20 soal pilihan ganda dan waktu mengerjakannya 60 menit dan dilengkapi dengan KUNCI JAWABAN

Bila menginginkan aplikasi pembelajaran PKn untuk latihan UAS....
bisa download link di bawah
LATIHAN UAS 2013


BAHASA INDONESIA

Wah jian uangel sing siji iki...
aku nganti mumet .... tak upamakne nyegat bus.... kesuwen.... ngenteni nganti angkleng-angklengen...
Tapi yo piye meneh.... kudu rata.... (Bhs.Indonesia; saya sampai pusing...... saya umpamakan menanti bus.... kelamaan ..... menunggu sampai lelah.... payah..... Tapi ya mau apalagi.... harus sama rata...

Bila ingin power point untuk pembelajaran kalimat majemuk.....
Download disini Kalimat majemuk setara
juga klik disini Pergeseran Makna Kata
 Disini juga ada Majas Perbandingan

Bahasa tercipta sebagai media komunikasi antara seseorang dengan orang lain. Sehingga proses mediasi dan sosialisasi dapat tercipta. Namun bagaimana bila bahasa yang menjadi media komunikasi justru menjadi penghambat atau menyulitkan proses mediasi, oleh sebab itu hal ini perlu kita hindari. Seperti kejadian yang pernah menimpaku dengan putriku. Suatu hari putriku yang duduk di kelas 4 mengirim pesan singkat di ponsel temannya berikut isi smsnya “Pa, nnti ciang jmt aq jam 2 ya, cos aq g ada les nich!”  Membaca tulisan tersebut aku agak kebingungan, dan saya mencoba untuk bertanya kepada teman sekerja apa ini maksudnya beliau juga geleng-geleng kepala pertanda tidak mengerti apa isi pesan yang ada. Dan setelah bertanya pada rekan guru yang lebih muda barulah ketemu maksud yang dikandung dalam pesan singkat tersebut.
Kejadian seperti ini tidak hanya terjadi dalam proses komunikasi lewat media canggih saja, rupa-rupanya hal ini sudah merambah pada kegiatan komunikasi seperti biasanya. Saya tidak dapat membayangkan bagaimana nanti 10 tahun atau 1 abad mendatang nasib bahasa kebanggaan kita bahasa Indonesia.



MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Ini Khusus bagi Guru Pendidikan Agama Islam..
Bila menginginkan software pembelajaran Agama Islam.... silahkan;
Download Software  Belajar Mudah Membaca Al-Quran : DISINI
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgsDCeCuBLYfnwqR8yyofNlmjXHAr7UMPlBz2q41PIAbwSeZJkJKbCmxnsFzelV-dPK2NjT573MjVBhnZgwFonx2gkrsgwPppIvaWmxKzoGAO-aMDCJobDTQUdz20AWFqYfVUPML_lUrN5I/s1600/tajwid.jpg

Kalau ini bagi yang tlaten... karena perlu speed kartu internet yang lumayan... tapi ya hanya kisaran 25 mb kok...
Download Sample Ayo belajar NGAJI di SINI



 

KHUSUS BAHASA JAWA

Link download 4Shared :
(1) Kamus Bahasa Jawa - Indonesia
download
(2) Kamus Bahasa Jawa Ngoko-Krama Madya-Krama Inggil
download





Link download Ziddu :
(1) Kamus Bahasa Jawa - Indonesia
download
(2) Kamus Bahasa Jawa Ngoko-Krama Madya-Krama Inggil
download





Halo, para sobat !
Ada yang menarik dalam postingan kali ini. Ada Kamus bahasa jawa !!
Bagi Anda yang ingin sedikit mahir berbahasa Jawa teruatama bagi Anda yang berasal dari luar Jawa Tengah dan Jawa Timur yang mungkin saat ini sedang kuliah di daerah tersebut, yang bingung dan kurang mengerti bahasa jawa, sekarang ada software kamus Bahasa Jawa. Interface-nya cukup mudah, Anda cukup menuliskan kosa kata Bahasa Jawa di software ini, kemudian arti dari istilah tersebut akan langsung muncul. Dalam postingan ini, disertakan dua jenis software kamus Bahasa Jawa. Yang satu untuk menerjemahkan dari Bahasa Jawa ke bahasa Indonesia, sedangkan software yang satunya menerjemahkan Bahasa Jawa ke berbagai tingkatan Bahasa Jawa yang meliputi Ngoko, Krama Madya, dan Kromo Inggil. Nah, software kamus Bahasa Jawa yang kedua ini dikhususkan untuk para anak muda yang memang kurang mengerti Bahasa Jawa dengan baik. Download, selamat mencoba dan selamat belajar, sobat !!


Software Sinau Jawa v.1 – Software Pengetahuan Bahasa Jawa

Januari 11, 2013

Assalamualaikum wr.wb.
Segala puji bagi Allah yang telah memberikan karunianya kepada kita untuk bisa saling berkomunikasi di sini, dan juga rasa syukur saya atas kesempatan yang diberikan-Nya sehingga bisa menyajikan software ini kepada Anda dengan segala keterbatasannya. Tak lupa sholawat dan salam saya haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang menjadi panutan bagi saya untuk menuju kepada-Nya. Semoga syafaatnya bisa saya raih di hari akhir kelak.
Berikut ini adalah software yang saya beri nama SINAU JAWA v.1. Isinya adalah pengetahuan Bahasa Jawa yang meliputi tata istilah, tata bahasa, istilah-istilah dalam konteks kemasyarakatan, kamus, sampai dengan pengetahuan wayang dan gamelan. Semuanya diringkas dalam satu software sederhana dengan harapan memudahkan bagi pengajaran dan pendidikan bahasa jawa untuk membantu anak-anak, murid-murid, siswa-siswi dan siapapun yang belajar bahasa Jawa. Isinya relatif memenuhi kurikulum pengajaran bahasa Jawa di sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya.
Yang pertama kali harus saya garis bawahi, software ini bukanlah berisi acuan baku ataupun referensi valid bagi siapapun yang menggunakannya. Fungsi dasarnya adalah membantu siapapun untuk belajar pengetahuan tentang Adat Istiadat Jawa, khususnya Bahasa Jawa. Untuk itulah di dalamnya di setiap fitur atau menu, ada opsi atau tombol edit dan hapus. Berbeda dengan software yang berisi acuan baku seperti  contohnya wordpedia, Encarta Encyclopedia, ataupun Encyclopedia Britanica yang memang berisi acuan baku. Jauh banget dari itu. Isi yang ada software ini adalah serpihan-serpihan yang berserak dari internet, dari buku bahan ajar yang dijual bebas di pasaran, dan dari lingkungan tempat saya tinggal. Untuk itu, Anda boleh mengubah isinya atau databasenya untuk kepentingan pribadi anda. Untuk isi outentik, hanya bersumber dari link yang terdapat di blog saya di http://kangtarjosendangrejo.blogspot.com.
Saya bukanlah seorang ahli bahasa jawa, ilmuwan jawa, budayawan, bukan pula guru, ataupun orang yang paham tentang bahasa dan kebudayaan Jawa. Saya tidak memiliki latar belakang pendidikan ilmu komputer. Latar belakang pendidikan saya adalah Sarjana Penjaskes dan Rekreasi. Itu sedikit tentang saya, selebihnya jika anda search atau googling, Anda akan menemukan banyak catatan tentang saya, ataupun catatan saya sendiri, khususnya di alamat blog saya seperti tertulis di atas.
Lalu, mengapa saya membuat software ini?
......... dstnya  
Maka begitulah, cerita Ayah itu begitu membekas. Sebagai seorang muslim, yang saya tangkap satu: perbaikan akhlak dengan jalan budaya.
Mengapa harus software? Bukankah sudah banyak buku-buku beredar dengan harga murah dengan konten yang bahkan lebih lengkap dari ini? Jawaban saya sederhana: kemasan. Jujur saya tidak suka menyatakan itu, tetapi memang itu kenyataanya: hanya sekedar kemasan. Apakah itu penting? Nah, di sini jawabannya mantap: penting. Kemasan adalah sesuatu yang penting dalam proses komunikasi. Faktanya, manusia modern memang suka pada kemasan. Suka melihat kemasan, walaupun intinya sama: komunikasi. Kalau komunikasi adalah ‘ngomong-ngomong’, tentunya bisa dilakukan di cakruk, di gardu ronda, di pasar, di kelas, di gedung mewah. Tergantung dari etika dan estetikanya. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman, estetika dan etika juga mencakup pada alat. Orang akan merasa beda jika dia sudah bisa berkomunikasi via internet, via HP, via Blackberry daripada sekedar ngomong di cakruk atau pos ronda. Semacam itulah. Bagi saya, fakta itu ironi: mengapa untuk ngomong saja butuh kenyamanan karena merk tertentu, tempat tertentu dan karena kelas tertentu. Tetapi itulah kenyataanya. Maka, untuk menyampaikan sesuatu terkait budaya, tampaknya butuh kemasan untuk menaikkan ketertarikan, untuk menaikkan gengsi dan untuk menaikkan jangkauan agar tujuannya tercapai. Jadi, dikemaslah semua-mua yang terkait dengan materi belajar bahasa dan kebudayan jawa menjadi software sebagaimana yang sampai ke tangan Anda ini.
Demikianlah. Awalnya yang saya pikirkan adalah anak-anak saya:bilakah mengajarkan pengetahuan tentang bahasa Jawa dan pernak perniknya kepada anak? Bagaimana penerimaan mereka? Pada akhirnya kesimpulannya: ya!.begitulah.....

Terima kasih semoga bermanfaat..
link download mediafire 1.:








GAME WAYANG KULIT


Untuk download, silahkan klik di sini


 KAMUS AKRONIM BAHASA JAWA

Silahkan klik untuk download di ziddu.com


SOFTWARE MENULIS BAHASA JAWA 

DOWNLOAD DISINI

 Nek Tembang macapat.... 
iki lho : Download Tembang Macapat





iki nyeleweng sak ithik... tapi yo penting kanggo bocah-bocah....
Media Matematika Nggolek'i ongko kanggo jawabane

Nek ketarik : DOWNLOAD
 iki yo tunggale kanggo ping-pingan, tambah, suda lan para :  DOWNLOAD
Nek iki perkalian : DOWNLOAD 
La nek iki  Meghitung 1-9 dengan menggunakan bermacam gambar yang bisa dipilih sendiri, menjumlah dengan pilihan batas maksimum 6, 9,10,19,20, 50,100,200, dan 500, Penjumlahan dengan menggunakan simbol gambar, Kombinasi penjumlahan dan pengurangan, Perkalian bilangan antara 0 sampai 20, Pembagian dengan hasil pembagian 1 sampai 20. DOWNLOAD 

Iki apa meneh.... sing nyenengne bocah-bocah ; Merupakan game penjumlahan yang bagus . Anak tinggal menuliskan angka yang merupakan jawaban dari penjumlahan susun bawah. DOWNLOAD 

Trus iki ; dicoba saja DOWNLOAD
iki yo podho wae ; Dicoba saja DOWNLOAD
iki yo semono uga ; dicoba saja DOWNLOAD 

 Nek pirang-pirang ndino iki mumet mikirne carane nggawe web.....
iki lho download .... terus pelajari ben ngerti carane nggawe web...
  1. Download Cara Membuat Blog dengan Blogger
  2. Download Panduan Membuat Blog dengan Blogspot
  3. Download Cara Membuat Blog dengan WordPress 

Nek kurang jelas kirim email wae neng kangtarjo.sendangrejo@gmail.com






KINERJA KEPALA SEKOLAH DAN GURU

Untuk menyatakan ya dan tidak pada instrumen di atas pengawas mengeksplorasi bukti fisik berupa catatan seperti ini.
  • Kepala sekolah menyatakan bahwa ia telah  ”Mengolah data hasil evaluasi diri sekolah sebagai bahan perumusan RKJM dan RKAS yang dibuktikan dengan data  EDS dan hasil evaluasi program”
Selanjutnya pengawas melakukan eksplorasi bukti fisik dengan menghimpun dan mencatat data sebagai berikut:
  • Sekolah mememilki  instrumen evaluasi diri.
  • Ada pelaksana kegaitan evaluasi diri dan surat tugas.
  • Terdapat  jadwal kegiatan, catatan kegiatan, foto kegiatan dan dokumen laporan pelaksanaan kegiatan,
  • Ada bukti pertemuan mengolah, menyimpulan hasil evaluasi diri dengan fokus utama menggambarkan kekuatan dan kelemahan sekolah, namun belum diperoleh bukti bahwa hasilnya dibahas bersama dengan  pemangku kepentingan.
  • Ada rekomendasi bersama dengan tim untuk perbaikan tindak lanjut yang dibuktikan dengan adanya rumusan rekomendasi.
  • Ada bukti  rekomendasi perbaikan mutu yang digunakan untuk perbaikan program.

 Instrumen PK Guru 

Instrumen Penilaian Kinerja Guru


Tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik agar potensi peserta didik  berkembang menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Guru yang efektif adalah yang mampu melaksanakan tujuh tugas utama guru dan berhasil mewujudkan tujuan pendidikan nasional, seperti pada satuan pendidikan dasar yaitu;
  1. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, kesehatan jiwa, serta kebersihan lingkungan
  2. Menjadi manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia yang ditandai dengan kepatuhan menjalankan ajaran agama.
  3. Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya
  4. Peningkatan pemahaan potensi diri,  keadaran sosial yang berkarakter yang ditunjukkan dengan indikator (1) mengenal potensi kekurangan dan kelebihan diri (2) Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan. (3) Bekerja sama dalam kelompok, tolong, menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya (4) Mematuhi aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya. (5) Berkomunikasi dengan jelas dan santun.
  5. Belajar dan berinovasi meliputi (1) Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis,  dan kreatif. (2) Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan kompetitif. (3) Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya (4) Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari (5) Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar (6) Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab (7) Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis (8) Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung.
  6. Melakukan kegiatan seni dan budaya lokal.
  7. Berwawasan kebangsaan yang ditunjukkan dengan (1) Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan (2) Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia.
  8. Berwawasan global.
Untuk mewujudkan mutu lulusan sebagaimana terurai di atas, guru perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai. Dalam hal ini guru perlu memiliki kapasitas dan kapabelitas dalam mewujudkan tujuan  pendidikan menjadi prilaku siswa dalam realita. Guru mampu merealisasikan cita-cita menajadi nyata.
Atas dasar  pertimbangan itu, maka penilaian kinerja guru fokus pada tiga fungsi utama yaitu:
Pertama, merencanakan pembelajaran  yang meliputi (1) memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik (2) menyusun  bahan ajar secara runut, logis, kontekstual dan mutakhir (3) merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif (4)  memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran (4) menilai kemajuan belajar siswa. Tugas yang keempat terintegrasi dalam tugas penilaian.
Kedua, melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif. Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang mencapai tujuan. Pada fungsi ini guru perlu (1) memulai pembelajaran  dengan  target yang terukur  atau efektif (2) menguasai materi dan dapat menyampaikan materi pelararan (3) menerapkan strategi pembelajaran yang memfasilitasi siswa menguasai materi dan meningkat keterampilan belajarnya (4) memanfaatkan sumber dan media belajar (5) meningkatkan keterlibatan siswa sehingga mendapat pengalaman belajar (6) menggunakan bahasa yang baik dan benar yang sehingga dapat membantu meningkatkan pamahaman secara jelas.
 Ketiga, melaksanakan penilaian otententik. Guru menggunakan alat penilaian untuk memantau keberhasilan siswa belajar secara bekala. Untuk mendapatkan hasil penilaian yang sahih guru perlu menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian. Target penting dalam penilaian adalah mengukur kesesuaian antara target yang terdapat dalam RPP dengan pencapaian nyata yang dapat siswa capai. Keberhasilan guru juga diukur dengan kemampuan untuk memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan perbaikan rancangan pembelajaran selanjutnya.
Untuk menunjang keberhasilan menjadi guru yang efektif kepala sekolah perlu memfasilitasi guru agar dapat mengembangkan kapasitas guru dalam berbagai dimensi di bawah ini.
Dimensi pertama dapat menunjukkan  kapasitasnya dalam menguasai ilmu pengetahuan  yang meliputi indikator di bawah ini.
  1. Menguasai materi pelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.
  2. Menguasai teori, prinsip dan prosedur mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik dalam kegiatan mengajar.
  3. Menggunakan pengetahuan tentang kapasitas akademis, peta sosial ekonomi, bakat dan minat siswa untuk kepentingan peningkatan mutu belajar siswa.
  4. Menguasi pengetahuan  tentang cara mengintegrasikan tugas medidik, mengajar, membimbing, mengarahkan,  melatih, menilai dan mengevaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran.
  5. Menguasai pengetahuan tentang cara mendisain persiapan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran menilai hasil belajar.
  6. Menggunakan  keterampilan mengendalikan proses pembelajaran sesuai dengan rencana.
  7. Merancang insturmen penilaian hasil belajar untuk menghimpun kemajuan belajar siswa, melakukan remedial dan pengayaan.
  8. Menguasai pengetahuan melalui pengembangan daya baca tulis dan mengarahkan pembelajar yang efektif sehingga siswa menguasai materi pelajaran, menerapkan ilmu pengetahuan untuk berkarya, memecahkan masalah
  9. Menguasai pengetahuan dalam mengembangkan kecakapan  berpikir kritis, kreatif, inovatif, logis dan imajinatif melalui kegiatan belajar mandiri, kolaboratif, dan interaktif.
  10. Menguasai cara mengembangkan kapasitas  potensi, daya kolaborasi,  daya kreasi, dan  prestasi diri siswa yang berkontribusi terhadap perwujudan keunggulan.
Dimensi kedua,  menunjang pengembangan kapasitas pengetahuan yang diperlukan sebagai guru dan memperbaiki keterampilan dalam menunaikan tugas sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai dan evaluator, maka guru wajib  menuaikan tugas belajar dan berlatih. Dalam hal ini guru dapat melakukan tugas berikut:
  1. Belajar mandiri baik secara individual maupun dalam kolaborasi tim.
  2. Melaksanakan tugas belajar seperti mengikuti pelatihan, temu kerja, dan mengikuti pendidikan lanjutan diri  melalui  membaca, riset, dan kerja sama serta mampu mengekspresikan pikiran dalam bentuk lisan, tulisan atau karya inovatif.
  3. Mengembangkan kerja sama melalui perluasan jejaring profesional dan sosial.
  4. Menggunakan ilmu  pengetahuan dalam kegiatan penelitian dan mengembangkan karya inovatif untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pekerjaan.
 Dimensi ketiga guru mampu mengimplementasikan  manajemen pembelajaran kinerja yang diukur dengan berbagai  indikator berikut:
  1. Menggunakan kalender pendidikan, peraturan akademik dan prinsip-prinsip penyusuanan KTSP
  2. Merencanakan pembelajaran  yang penunaikan tugasnya berwujud silabus dan RPP yang disusun berdasarkan analisis kebutuhan siswa pda tingkat satuan pendidikan.
  3. Mengembangkan instrumen penilaian yang mengukur ketercapaian target mutu pada tiap indikator hasil belajar yang memenuhi standar kompetensi lulusan.
  4. Melaksanakan pembelajaran  sesuai dengan skenario yang dirancang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
  5. Melaksanakan penilaian yang ditindaklanjuti dengan melakukan analisis butir soal, menilai kinerja belajar siswa dalam tujuan pembelajaran, melaksanakan kegiatan remedial dan pengayaan, selanjutnya melaksanakan evaluasi dan tindaklanjut perbaikan
Dimensi keempat guru menunaikan tugas birokratis yang dapat direkam dalam bentuk portofolio yang  dapat dilihat dalam berbagai indikator pemenuhan tugas sebagai berikut:
  1. Memenuhi tugas 37,5 jam per minggu atau memenuhi tugas 24 jam.
  2. Hadir sesuai jadwal,  tepat waktu, menggunakan waktu efektif, dan mengahiri tugas tepat waktu.
  3. Menghasilkan karya ilmiah atau karya inovatif
  4. Memiliki stabilitas emosi  dalam berinteraksi di kelas maupun di luar kelas.
  5. Disiplin menggunakan bahasa yang komunitkatif dan santun.
  6. Berpakaian rapih untuk  menunjang penampilan sebagai pendidik  yang menjadi  teladan.
  7. Mengikuti kegiatan resmi, upacara bendera, memenuhi perintah terpat waktu.
  8. Melaksanakan kerja sama peningkatan mutu diri melalui kegiatan organisasi profesi
  9. Partisipatif dalam memecahkan masalah sekolah maupun masyarakat.
  10. Memenuhi standar prestasi kerja.
Dimensi Kelima, yaitu akuntabilitas guru dalam menunaikan tugas mengajar dan membimbing siswa agar memenuhi standar kompetensi lulusan.  Produktivitas guru perlu dilihat dari pengaruh penunaian tugasnya terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dangan;
  1. Kesuaian nilai yang siswa peroleh dengan kriteria ketuntasan minial (KKM) dan target nilai UN tingkat satuan pendidikan.
  2. Menunjukkan kecakapan berpikir kritis, kreatif, logis, dan imajinatif yang dibuktikan dengan produk belajar siswa atau bukti penilaian otentik yang terlihat pada RPP, hasil karya siswa, dan instrumen penilaian yang guru gunakan.
  3. Kesesuaian target pembinaan dengan realitas yang dicapai dalam prestasi seperti proposal kegiatan, produk kompetisi, penghargaan, atau karya inovatif lain yang siswa pamerkan.
  4. Kesuaian pencapaian  hasil belajar dalam pengembangan karakter dengan target pada tingkat satuan pendikan yang ditunjukkan dengan tingkat ketidakhadiran, tingkat penyimpangan prilaku, dan pembiasaan hidup seperti dalam cara memelihara kebersihan, ketertiban siswa masuk kelas dsb.
  5. Kesesuaian target pengembangan keterampilan dengan realitas yang dicapai melalui proses pembelajaran yang dilihat dari karya inovatif siswa yang menunjang meningkatnya keunggulan sekolah.
Berdasarkan uraian mengenai berbagai kegiatan yang wajib guru tunaikan maka nilai kinerja guru seharusnya dilihat dengan lima dimensi penilaian sebagai berikut:
  1. Fortofolio guru yang dihimpun sekurang-kurangnya dalam dua tahun terakhir, yang meliputi pemenuhan tugas 24 jam atau 37’5 jam per minggu, kedisiplinan, dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas.
  2. Hasil uji kompetensi yang mengukur penguasaan pengetahuan yang mendasari pelaksanaan tugas guru.
  3. Hasil penilaian kinerja bidang manajemen pembelajaran dan penunaian tugas utama dalam bentuk angka kredit.
  4. Rekaman kinerja dalam pelaksanaan PKB dan pengembangan profesi.
  5. Produktivitas kinerja belajar siswa yang menjadi tanggung jawabnya.
Dalam rangka menghimpun data kinerja pada tahun 2012 telah Kemendikbud telah menyederhanakan   instrumen penilaian kinerja guru. Untuk mempercepat pemahaman seluruh pihak yang berkepentingan, sejalan dengan kegiatan sosialisasi yang sedang dilaksanakan, berikut dilampirkan instrumen PK guru. Jika kemudian terdapat proses perbaikan lebih lanjut, maka GP akan segera memperbaikinya.