Judul Berjalan

TULISAN MOUSE BERJALAN

BERJALAN KEKANAN DAN KEKIRI

SELAMAT BERGABUNG DENGAN KANGTARJOSENDANGREJO..... AYO LATIHAN NGE BLOG BERSAMA-SAMA

Berjalan kekanan kekiri

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MINAL AIDZIN WAL FA IDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

BAHASA INDONESIA

Wah jian uangel sing siji iki...
aku nganti mumet .... tak upamakne nyegat bus.... kesuwen.... ngenteni nganti angkleng-angklengen...
Tapi yo piye meneh.... kudu rata.... (Bhs.Indonesia; saya sampai pusing...... saya umpamakan menanti bus.... kelamaan ..... menunggu sampai lelah.... payah..... Tapi ya mau apalagi.... harus sama rata...

Bila ingin power point untuk pembelajaran kalimat majemuk.....
Download disini Kalimat majemuk setara
juga klik disini Pergeseran Makna Kata
 Disini juga ada Majas Perbandingan

Bahasa tercipta sebagai media komunikasi antara seseorang dengan orang lain. Sehingga proses mediasi dan sosialisasi dapat tercipta. Namun bagaimana bila bahasa yang menjadi media komunikasi justru menjadi penghambat atau menyulitkan proses mediasi, oleh sebab itu hal ini perlu kita hindari. Seperti kejadian yang pernah menimpaku dengan putriku. Suatu hari putriku yang duduk di kelas 4 mengirim pesan singkat di ponsel temannya berikut isi smsnya “Pa, nnti ciang jmt aq jam 2 ya, cos aq g ada les nich!”  Membaca tulisan tersebut aku agak kebingungan, dan saya mencoba untuk bertanya kepada teman sekerja apa ini maksudnya beliau juga geleng-geleng kepala pertanda tidak mengerti apa isi pesan yang ada. Dan setelah bertanya pada rekan guru yang lebih muda barulah ketemu maksud yang dikandung dalam pesan singkat tersebut.
Kejadian seperti ini tidak hanya terjadi dalam proses komunikasi lewat media canggih saja, rupa-rupanya hal ini sudah merambah pada kegiatan komunikasi seperti biasanya. Saya tidak dapat membayangkan bagaimana nanti 10 tahun atau 1 abad mendatang nasib bahasa kebanggaan kita bahasa Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar