Petunjuk Penilaian
Penilaian keterampilan diberikan dalam bentuk kinerja, yaitu suatu proses yang bersifat prosedural dalam melakukan suatu gerakan, mulai dari posisi awal, gerakan, dan akhir gerakan,
Berikan tanda cek (√) pada kolom perolehan skor yang sudah disediakan, dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 4. (Sangat Baik = 4, Baik = 3, Cukup = 2, Kurang = 1). Dan tanda cek (√) tersebut menunjukkan kompetensi yang diharapkan.
a. Butir soal Keterampilan :
Lakukan prinsip dasar pukulan servis panjang fore- hand Posisi awal : berdiri sikap melangkah, badan agak condong ke depan, berat badan bertumpu pada kaki depan, bola dipegang depan badan .
b. Gerakan :
Pindahkan berat badan ke depan bersamaan raket diayun ke depan ke arah bola yang tergantung, kontak raket dengan bola pada ketinggian lutut, lakukan berulang-ulang setelah bola posisi berhenti.
c. Akhir gerakan :
Berat badan dibawa ke depan, badan agak condong ke depan,raket posisi lurus ke atas, pandangan ke arah bola
d. Deskripsi Penilaian Posisi awal :
a) Skor 4:
a) Skor 4:
Jika peserta didik mampu melakukan empat prinsip dasar posisi awal pukulan forehand panjang
b) Skor 3:
Jika peserta didik mampu melakukan tiga prinsip dasar posisi awal pukulan forehand panjang
c) Skor 2:
Jika peserta didik mampu melakukan dua prinsip dasar posisi awal pukulan forehand panjang
d) Skor 1:
Jika peserta didik mampu melakukan satu prinsip dasar posisi awal pukulan forehand panjang
Deskripsi Penilaian Gerakan :
a) Skor 4:
a) Skor 4:
Jika peserta didik mampu melakukan empat prinsip dasar gerakan pukulan forehand panjang
b) Skor 3:
Jika peserta didik mampu melakukan tiga prinsip dasar gerakan pukulan forehand panjang
c) Skor 2:
Jika peserta didik mampu melakukan dua prinsip dasar gerakan pukulan forehand panjang
d) Skor 1:
Jika peserta didik mampu melakukan satu prinsip dasar gerakan pukulan forehand panjang
Deskripsi Penilaian Akhir gerakan :
a) Skor 4:
a) Skor 4:
Jika peserta didik mampu melakukan empat prinsip dasar akhir ger- akan pukulan forehand panjang
b) Skor 3:
Jika peserta didik mampu melakukan tiga prinsip dasar akhir ger- akan pukulan forehand panjang
c) Skor 2:
Jika peserta didik mampu melakukan dua prinsip dasar akhir gerakan pukulan forehand panjang
d) Skor 1:
Jika peserta didik mampu melakukan satu prinsip dasar akhir gerakan pukulan forehand panjang
Contoh Rubrik Penilaian Tabel KI-4 Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut :
No
|
Nama peserta didik
|
Aspek yang dinilai
|
Jmlh Skor
|
Nilai
| |||||||||||
Butir Soal
| |||||||||||||||
1
|
2
|
3
| |||||||||||||
1
|
Ratna
| ||||||||||||||
2
|
Dwi
| ||||||||||||||
3
|
Fikri
| ||||||||||||||
4
|
Rian
| ||||||||||||||
5
|
Diana
| ||||||||||||||
Dst.
| |||||||||||||||
Skor max = 12
| |||||||||||||||
Nilai = skor perolehan / skor max X 4
| |||||||||||||||
Komentar Orang Tua Murid :
|
Demikian yang bisa disampaikan mengenai contoh penilaian
kurikulum 2013 KI-4 ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda
yang membutuhkan. terimakasih