Judul Berjalan

TULISAN MOUSE BERJALAN

BERJALAN KEKANAN DAN KEKIRI

SELAMAT BERGABUNG DENGAN KANGTARJOSENDANGREJO..... AYO LATIHAN NGE BLOG BERSAMA-SAMA

Berjalan kekanan kekiri

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MINAL AIDZIN WAL FA IDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

DOWNLOAD GRATIS RPP KURIKULUM 2013

Sumber : http://kkgjaro.blogspot.com/2014/15
Untuk persiapan kurikulum yang bersifat tematik integratif ini para Guru Sekolah Dasar hendaknya lebih awal membekali diri untuk mengenal kurikulum 2013 beserta perangkatnya, berikut RPP dan Silabus Kurikulum 2013 yang Bapak/Ibu bisa download, namun harus di ingat RPP dan Silabus Kurikulum 2013 ini jika ingin membuka nya pada bentuk word/doc gunakan pasword: kkgjaro.blogspot.com


Download RPP dan Silabus Kurikulum 2013
 Kelas 1 SD
RPP Kelas 1 SD Kurikulum 2013
RPP SD Kurikulum 2013 Semester 1 Diri Sendiri  Jujur Tertib dll
RPP SD Kurikulum 2013 Semester 1 Kegemaranku
RPP SD Kurikulum 2013 Semester 1 Kegiatanku
RPP SD Kurikulum 2013 Semester 1 Keluargaku

RPP SD Kurikulum 2013 Semester 2 Pengalamanku
RPP SD Kurikulum 2013 Semester 2 Lingkungan Bersih dan Sehat
RPP SD Kurikulum 2013 Semester 2 Benda, Binatang dan Tanaman
RPP SD Kurikulum 2013 Semester 2 Peristiwa Alam

Silabus Kelas 1 SD Kurikulum 2013

Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Diri Sendiri,Jujur,Tertib
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Kegemaranku
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Kegiatanku
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Keluargaku
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Pengalamanku
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Lingkungan Bersih dan Sehat
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Benda, Binatang dan Tanaman
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Peristiwa Alam

Kelas 2 SD
RPP Kelas 2 SD Kurikulum 2013
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 1 Hidup Rukun
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 1 Bermain di Lingkungan
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 1 Tugas Sehari-hari
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 1 Aku dan Sekolahku
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 2 Hidup Sehat dan Bersih
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 2 Air Bumi dan Matahari
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 2 Merawat Hewan dan Tumbuhan
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 2 Keselamatan dirumah dan diperjalanan  

Silabus Kelas 2 SD Kurikulum 2013
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Hidup Rukun
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Bermain di Lingkungan
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Tugas Sehari-hari
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Aku Dan Sekolahku
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2  Hidup Sehat dan Bersih
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Air Bumi dan Matahari
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Merawat Hewan dan Tumbuhan
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Keselamatan dirumah dan diperjalanan    

Kelas 3 SD
RPP Kelas 3 SD Kurikulum 2013
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 3 Semester 1 Sayangi Hewan dan Tumbuhan
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 3 Semester 1 Pengalaman yang mengesankan
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 3 Semester 1 Mengenal Cuaca dan Musim
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 3 Semester 1 Ringan sama dijinjing berat sama di pikul
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 3 Semester 2 Mari Bermain dan berolahraga
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 3 Semester 2 Indahnya Persahabatan
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 3 Semester 2 Mari Kita berhemat untuk masa depan
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 3 Semester 2  Berprilaku baik dalam kehidupan     

Silabus Kelas 3 SD Kurikulum 2013 
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Sayangi Hewan dan Tumbuhan
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Pengalaman yang mengesankan
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Mengenal Cuaca dan Musim
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Ringan sama dijinjing berat sama di pikul

Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Mari Bermain dan berolahraga
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Indahnya persahabatan
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Mari Berhemat untuk masa depan
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Berprilaku baik dalam kehidupan 

Kelas 4 SD
RPP Kelas 4 SD Kurikulum 2013
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester 1 Indahnya Kebersamaan
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester 1 Selalu Berhemat Energi
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester 1 Peduli Terhadap Makhluk Hidup
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester 1 Berbagai Pekerjaan
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester 2 Menghargai Jasa Pahlawan
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester 2 Indahnya Negeri Ku
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester 2 Cita-Cita ku
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester 2 Daerah Tempat Tinggalku

Silabus Kelas 4 SD
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Indahnya Kebersamaan
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Selalu Berhemat Energi
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Berbagai Pekerjaan
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Menghargai Jasa Pahlawan
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Indahnya Negeriku
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Cita-citaku
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Daerah Tempat tinggalku

Kelas 5 SD
RPP Kelas 5 SD Kurikulum 2013
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 1 Bermain dengan Benda-benda disekitar
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 1 Peristiwa dalam kehidupan
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 1 Hidup Rukun
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 2 Bangga sebagai Bangsa Indonesia
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 2 Sehat Itu Penting


Silabus Kelas 5 SD Kurikulum 2013
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Bermain dengan Benda-benda disekitar
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Peristiwa dalam Kehidupan
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Hidup Rukun
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Bangga sebagai bangsa Indonesia
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Sehat Itu Penting


Kelas 6 SD
RPP Kelas 6 SD Kurikulum 2013
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 6 Semester 1 Bhinneka Tunggal Ika
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 6 Semester 1 Selamatkan Makhluk Hidup
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 6 Semester 1Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Tokoh dan penemu
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 6 Semester 2Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Globalisasi
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 6 Semester 2 Wirausaha
RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 6 Semester 2 Kesehatan Masyarakat

Silabus Kelas 6 SD Kurikulum 2013
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Bhinneka Tunggal Ika
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Selamatkan Makhluk Hidup
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 1 Tokoh dan Penemu
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Globalisasi
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Wirausaha
Silabus SD Kurikulum 2013 Semester 2 Kesehatan Masyarakat

Jika bertemu ad fly tunggu 5 detik klik skip ad/lewati /continyu pada sebelah kanan atas.
menyangkut Kompetensi inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 akan ada pada posting berikutnya.
Jika menginginkan kelengkapan pada kurikulum 2013 klik disini Perangkat tata aturan Kurikulum 2013


DOWNLOAD APLIKASI PENILAIAN SD, SMP, SMA KURIKULUM 2013


Aplikasi atau software penilaian Kurikulum 2013, SD,SMP, SMA disertai format nilai Raport, dalam bentuk excel ini kiranya cukup membantu Bapak/Ibu sekalian dalam melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013.
Cara penilaian Numerik atau berdasar angka nampak sedikit demi sedikit di tinggalkan hal ini terbukti pada proses penilaian pembelajaran Kurikulum 2013 yang lebih bersifat kualitatif atau deskriptif.
Tentunya hal kualitatif ini dalam aspek penilaian "tetapi, namun,sedangkan" cenderung ditinggalkan agar tercipta peserta didik yang penuh semangat,optimis dalam kehidupannya.

Pada tingkat dasar lebih mengedapankan aspek sikap atau prilaku sedang pada keilmuannya lebih banyak pada tingkat atasnya,
Buku Pelajaran makin tipis namun makin tebal buku raportnya, hal demikian bukanlah kita harus jauhi mari kita dalam dan ketahui bagaimana tekhnis kurikulum 2013.

Pada postingan telah lalu bapak ibu mungkin sudah memiliki RPP atau Panduan namun jika belum silahkan klik RPP SD Kurikulum 2013, atau RPP SMP Kurikulum 2013

Pada hal lain kami pun telah sediakan Panduan dan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 yang mungkin bisa bermanfaat, tentunya semoga.

Dan kembali pada topik kita tentang Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013.
Yang pertama pada jenjang Sekolah Dasar, aplikasi ini sudah tersedia si pembuat didalam nya.
Jenjang SD Kurikulum 2013 mengedepankan 4 aspek penilaian

1. Aspek Spiritual
2.Aspek Pengetahuan
3.Aspek Keterampilan
4. Aspek Sosial

Pada aspek Spriritual dan Sosial penilaian bisa dilakukan dalam bentuk, penilaian antar teman,Penilaian Diri Sendiri,Observasi dan Jurnal.
Pada aspek lainnya Pengetahuan dan Keterampilan berbentuk praktek, proyek maupun portofolio.
Pengetahuan sikap dan keterampilan dengan KKM 2,66
Berikut penampakan pada gambar

Download Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA

Jika berminat silahkan klik Download Aplikasi Penilaian SD Kurikulum 2013.

Pada Jenjang SMP Kurikulum 2013 bentuk penilaian juga tak berbeda jauh baik dari KKM hingga aspek utama dalam penilaian, berikut tampilannya
Download Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA
Jika berminat klik Download Aplikasi Penilaian SMP Kurikulum 2013.

Terpisah dari itu Aplikasi Raport SMP Kurikulum 2013
Download Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA
Jika berminat silahkan Download aplikasi Raport SMP Kurikulum 2013

Dan yang terakhir ini juga tak kalah menarik bisa digunakan SMA maupun SMK
Software penilaian digital ini memiliki keistimewaan yaitu :
1) Juga Mengintegrasikan 3 aspek penilaian yaitu penilaian kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan) menjadi satu kesatuan utuh sehingga di dalam Laporan Evaluasi Hasil Belajar (Nilai Akhir Semester) maka ke-3 Aspek tersebut MUNCUL (diperhitungkan) karena masuk ke dalam komponen perhitungan penentuan Nilai Raport (NR).
2) Sesuai dengan standar penilaian (Permendiknas No.20 Tahun 2007)
3) Proses berjalan otomatis (Nge-Link) setelah input data diselesaikan semua dan siap Print-Out.
Download Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA

Jika Berminat silahkan klik download Aplikasi Penilaian SMA dan SMK Kurikulum 2013

Panduan untuk pengisiannya sudah ada didalamnya namun sekali lagi software ini kami dapatkan dari berbagai sumber yang tentunya sudah tercantum didalam software yang bapak/ibu download siapa pembuatnya.

Silahkan bapak ibu gunakan, kami yakin rekan sekalian lebih mengerti dan jika bermanfaat dan besar harapan kami jangan dirubah nama pemiliknya, mari kita hargai karya orang lain yang mau membantu dan berbagi beribu terima kasih kami ucapkan

Semoga Bermanfaat.
 Jika Kurang paham cara download di 4shared
klik panduan/cara download file di 4shared


PANDUAN PENILAIAN KELAS KURIKULUM 2013


Pada Kurikulum 2013, bagi Guru ini sangat penting diketahui, cara penilaian kelas pada proses pembelajaran tentu ada sedikit perbedaan jika dibanding dengan KTSP sebelumnya, kita ketahui Penilaian kelas adalah suatu bentuk kegiatan guru yang terkait dengan pengambilan keputusan tentang pencapaian kompetensi atau hasil belajar peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran tertentu. Untuk itu, diperlukan data sebagai informasi yang diandalkan sebagai dasar pengambilan keputusan berhubungan dengan sudah atau belum berhasilnya peserta didik dalam mencapai suatu kompetensi.
Data yang diperlukan dapat dijaring dan dikumpulkan selama pembelajaran berlangsung melalui prosedur dan alat penilaian yang sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai. Sehingga diperoleh potret/profil kemampuan peserta didik dalam mencapai sejumlah kompetensi dasar yang tercantum dalam kurikulum.
Penilaian dilakukan secara holistik meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan untuk setiap jenjang pendidikan, baik selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) maupun setelah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil belajar). Pada jenjang pendidikan dasar, proporsi pembinaan karakter lebih diutamakan dari pada proporsi pembinaan akademik.
Penilaian Kelas dalam  Kurikulum 2013 memiliki karakteristik sebagai berikut:
1.     Belajar Tuntas
Asumsi yang digunakan dalam belajar tuntas adalah peserta didik dapat mencapai kompetensi yang ditentukan, asalkan peserta didik mendapat bantuan yang tepat dan diberi waktu sesuai dengan yang dibutuhkan. Peserta didik yang belajar lambat perlu diberi waktu lebih lama untuk materi yang sama, dibandingkan peserta didik pada umumnya.
 Untuk kompetensi pada kategori pengetahuan dan keterampilan (KI-3 dan KI-4), peserta didik tidak diperkenankan mengerjakan pekerjaan atau kompetensi berikutnya, sebelum mampu menyelesaikan pekerjaan dengan prosedur yang benar dan hasil yang baik.

2.    Autentik
Penilaian dikatakan autentik apabila peserta didik diminta untuk menampilkan tugas atau situasi yang sesungguhnya yang mendemonstrasikan penerapan keterampilan dan pengetahuan esensial yang bermakna (Mueller, 2006). Proses penilaian dan pembelajaran merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan atau terpadu, sehingga penilaian berjalan bersama-sama dengan proses pembelajaran. Sebagai contoh, ketika peserta didik belajar membaca puisi, guru mengamati dan memberi penilaian, misalnya cara pengucapan, intonasi, tekanan kata, dan penghayatan. Apabila peserta didik belum menguasai unsur tertentu, guru membuat catatan untuk perbaikan selanjutnya.
Penilaian autentik harus mencerminkan masalah dunia nyata, bukan dunia sekolah dengan menggunakan berbagai cara dan kriteria holistik (kompetensi utuh yang merefleksikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap). Penilaian autentik mengukur apa yang diketahui dan yang dapat dilakukan oleh peserta didik.
Berikut contoh-contoh tugas autentik:
•    Pemecahan masalah matematika
•    Melaksanakan percobaan
•    Bercerita
•    Menulis laporan
•    Berpidato
•    Membaca puisi
•    Membuat peta perjalanan

3.    Berkesinambungan
Penilaian dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan selama pembelajaran berlangsung dan setelah usai, melalui berbagai jenis ulangan (ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, atau ulangan kenaikan kelas).Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran yang utuh mengenai perkembangan hasil belajar peserta didik, memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil.
Ulangan harian dilakukan setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih, terintegrasi dalam proses pembelajaran dalam bentuk ulangan atau penugasan. Ulangan tengah semester dilakukan setelah menyelesaikan 8-9 minggu kegiatan pembelajaran, mencakupi seluruh KD pada periode tersebut. Ulangan tengah semester tidak harus serentak dilaksanakan untuk seluruh kelas pada suatu satuan pendidikan, karena kondisi pencapaian kompetensi peserta didik pada masing-masing kelas bisa berbeda satu kelas dengah kelas yang lain. Ulangan akhir semester mencakupi semua KD pada semester yang bersangkutan.
4.    Menggunakan Teknik yang Bervariasi
Teknik penilaian yang dipilih dapat berupa tertulis/lisan, unjuk kerja, proyek produk, portofolio, pengamatan, dan penilaian diri, disesuaikan dengan kompetensi yang ingin dinilai.
5.    Berdasarkan Acuan Kriteria
Penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan. Kemampuan peserta didik tidak dibandingkan terhadap kelompoknya, tetapi dibandingkan  terhadap kriteria yang ditetapkan, misalnya ketuntasan belajar minimal (KKM), yang ditetapkan oleh satuan pendidikan masing-masing dengan mempertimbangkan karakteristik kompetensi dasar yang akan dicapai, daya dukung (sarana dan guru), dan karakteristik peserta didik.
KKM diperlukan agar guru mengetahui kompetensi yang sudah dan belum dikuasai secara tuntas. Guru mengetahui sedini mungkin kesulitan peserta didik, sehingga pencapaian kompetensi yang kurang optimal dapat segera diperbaiki. Bila kesulitan dapat terdeteksi sedini mungkin, peserta didik tidak sempat merasa frustasi, kehilangan motivasi, dan sebaliknya peserta didik merasa mendapat perhatian yang optimal dan bantuan yang berharga dalam proses pembelajarannya.
    Ketuntasan belajar ditentukan seperti pada tabel berikut:
Panduan Penilaian Kelas Kurikulum 2013
Keterangan:
        
               SB  = Sangat Baik
               B    =  Baik
               C    = Cukup
               K    = Kurang     
RPP SD Kurikulum 2013 sudah dijelaskan untuk Kriteria ketuntasan belajar minimal , untuk kompetensi pada kategori KI-3 dan  KI-4 adalah  B- (2.66). Untuk KD pada KI-1 dan KI-2, ketuntasan seorang peserta didik dilakukan dengan memperhatikan aspek sikap pada KI-1 dan KI-2 untuk seluruh matapelajaran, yakni jika profil sikap peserta didik secara umum berada pada kategori baik (B) menurut standar yang ditetapkan satuan pendidikan yang bersangkutan.

Untuk KD pada KI-3 dan KI-4, seorang peserta didik dinyatakan belum tuntas belajar untuk menguasai KD yang dipelajarinya apabila menunjukkan indikator nilai < 2.66 dari hasil tes formatif. Seorang peserta didik dinyatakan sudah tuntas belajar untuk menguasai KD yang dipelajarinya apabila menunjukkan indikator nilai ≥ 2.66 dari hasil tes formatif. Bagi peserta didik yang belum tuntas untuk kompetensi tertentu harus mengikuti pembelajaran remedial, sedangkan bagi yang sudah tuntas boleh mempelajari kompetensi berikutnya.
Untuk mengetahui apakah peserta didik sudah atau belum tuntas menguasai suatu kompetensi dapat melihat posisi nilai yang diperoleh berdasarkan tabel konversi nilai berikut.

Apabila peserta didik memperoleh nilai antara 66 sd. 70, dia ada pada posisi predikat B- untuk kategori pengetahuan atau keterampilan. Artinya, peserta didik tersebut sudah mencapai ketuntasan dalam menguasai kompetensi tertentu.  
C.    Teknik Penilaian Kelas
Penilaian kelas dilakukan dalam berbagai teknik untuk semua kompetensi dasar yang dikategorikan dalam tiga aspek, yaitu  sikap, pengetahuan, dan  keterampilan .  
1.    Sikap
Aspek  Sikap dapat dinilai dengan cara berikut:
a.    Observasi 
Merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan format observasi yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Hal ini dilakukan saat pembelajaran maupun diluar pembelajaran
     Contoh Observasi
Lembar Pengamatan Sikap


Panduan Penilaian Kelas Kurikulum 2013
Keterangan:
Berilah kriteria Penilaian dengan angka dari 1 sampai 4 sebagai berikut:
4    : sangat baik
3    : Baik                   
2    : sedang                        
1    : kurang
Catatan : hasil pengamatan harian ini perlu dirangkum setelah 1 minggu atau 1 bulan untuk mendapatkan nilai komulatif sikap.
b.    Penilaian Diri
Merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian diri.
         Contoh Penilaian diri
        Penilaian diri terhadap sikap
Panduan Penilaian Kelas Kurikulum 2013
c.    Penilaian Antar Teman
Merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik  untuk saling menilai terkait dengan sikap dan perilaku keseharian peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian antarpeserta didik.

    Contoh Penilaian antar peserta didik
Panduan Penilaian Kelas Kurikulum 2013
Keterangan:
Format  bisa ditempel di suatu tempat, masing masing anak menuliskan angka 1 sampai 4 di setiap nama.
1 = kurang
2    = Cukup
3    = Baik
4    = Sangat Baik

d.    Jurnal
Merupakan catatan pendidik di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku. Jurnal bisa dikatakan sebagai catatan yang berkesinambungan dari hasil observasi.
     Contoh penilaian Jurnal
Panduan Penilaian Kelas Kurikulum 2013

2.    Pengetahuan
Aspek  Pengetahuan dapat dinilai dengan cara berikut:
a.Tes tulis
adalah tes yang soal dan jawabannya tertulis berupa pilihan ganda, isian, Benar-salah, menjodohkan, dan uraian.
1)    Pilihan Ganda : Secara umum, setiap soal pilihan ganda terdiri dari pokok soal (stem) dan pilihan jawaban (option). Pilihan jawaban terdiri atas kunci jawaban dan pengecoh (distractor). Kunci jawaban adalah jawaban yang benar atau paling benar. Pengecoh merupakan jawaban yang tidak benar, namun memungkinkan seseorang terkecoh untuk memilihnya apabila tidak menguasai bahan/materi pelajaran dengan baik.
2)    Isian : Soal isian adalah soal yang menuntut peserta tes untuk memberikan jawaban singkat, berupa kata, frase, angka, rumus, atau simbol. Ada 3 macam soal isian yaitu (1) melengkapi, (2) jawaban singkat, dan (3) asosiasi.
3)    Benar - Salah : Bentuk soal Benar-Salah menuntut peserta tes untuk memilih dua kemungkinan jawaban. Bentuk kemungkinan jawaban yang sering digunakan adalah benar dan salah. Peserta tes diminta memilih jawaban benar atau salah, untuk suatu pernyataan yang disajikan. Apabila butir soal berisi pernyataan tentang sikap, pendapat, atau kepercayaan/ keyakinan. Jawaban yang diminta adalah ya dan tidak.
4)    Menjodohkan : Soal menjodohkan terdiri dari dua kelompok pernyataan. Kelompok pertama ditulis pada lajur sebelah kiri merupakan pernyataan soal atau pernyataan stimulus. Kelompok kedua ditulis pada lajur sebelah kanan merupakan pilihan jawaban atau pernyataan respon. Peserta tes diminta untuk menjodohkan, atau memilih pasangan yang tepat bagi pernyataan yang ditulis pada lajur sebelah kiri di antara pernyataan yang ditulis pada lajur sebelah kanan.
5)    Uraian : Soal uraian adalah soal yang jawabannya menuntut siswa untuk mengingat dan mengorganisasikan gagasan gagasan atau hal hal yang telah dipelajarinya dengan cara mengemukakan atau mengekspresikan gagasan tersebut secara tertulis dengan kata-katanya sendiri.
Berdasarkan penskorannya soal uraian diklasifikasikan atas uraian objektif dan uraian non-objektif.
a)    Soal uraian objektif adalah soal yang menuntut sehimpunan jawaban dengan rumusan jawaban yang pasti sehingga penskorannya dapat dilakukan secara objektif.
Contoh soal uraian objektif
Jelaskan perbedaan dan persamaan  hewan kerbau dan  sapi, dua saja!
Kunci jawaban:
Persamaan : Kaki 4; hewan mamalia,  bertelinga ; bertanduk ; berekor; berbulu dan lain lain.
Perbedaan  : bulu jarang (kerbau) bulu lebat (sapi);  bentuk tanduk ; dan alin lain

Penyekoran :
skor 1 : siswa dapat menyebutkan 2 jawaban benar
skor 0 : siswa hanya menyebutkan 1 jawaban benar atau menjawab salah        

b)    Sedangkan soal uraian non-objektif adalah soal yang menuntut sehimpunan jawaban dengan rumusan jawaban menurut pendapat masing masing siswa sehingga penskorannya sukar untuk dilakukan secara objektif (penskorannya dapat mengandung unsur subjektifitas).
Contoh soal Uraian non Objektif
Coba tuliskan cerita apa yang kamu yang kamu alami sejak berangkat dari rumah samapi tiba di sekolah!

Kriteria jawaban: (misalnya)
-kalimat menggunakan unsur kebahasaan yang tepat       skor 1
-gagasan runtut                                       skor 1
-pemilihan kata  yang tepat                     skor 1
-cerita lengkap                                         skor 1
                                              
Jadi skor maksimal 4 ( tergantung banyak unsur yang dinilai, semakin lengkap unsur yang dinilai terdapat dalam tulisan, semakin besar skor maksimal)

Untuk ulangan harian tidak dianjurkan menggunakan pilihan ganda, karena bentuk ini lebih tepat untuk ruang lingkup luas dan peserta yang banyak.  Bentuk ini lebih cocok untuk ulangan  akhir semester atau kenaikkan kelas. Untuk ulangan harian sangat dianjurkan menggunakan tes berbentuk uraian. Seperti menulis cerita, menjelaskan suatu proses, menulis surat, dan sebagainya.  

b.    Tes Lisan
berupa pertanyaan- pertanyaan yang diberikan guru secara ucap (oral) sehingga peserta didik merespon pertanyaan tersebut  secara ucap juga, sehingga menimbulkan keberanian. Jawaban dapat berupa kata, frase, kalimat maupun faragraf yang diucapkan.
Contoh soal tes lisan
   
“Ini ada buah Tomat, Coba kamu Ahmad, ceritakan tentang buah tomat ini!” (peragakan buah tomat tersebut)
Pedoman penskroran:
- bercerita jelas          skor 1
- kata kata jelas         skor 1
- cerita runtut            skor 1
- sesuai waktu/tdal diam        skor 1
- dan lainnya             skor 1  (jika masih ada unsur yang dinilai)
Jadi skor maksimal 5 ( tergantung banyak unsur yang dinilai)

3.Keterampilan
 Aspek  ketrampilan Kurikulum 2013 dapat dinilai dengan cara berikut:
a.    Performance atau  Kinerja
adalah suatu penilaian yang meminta siswa untuk melakukan suatu tugas pada situasi yang sesungguhnya yang mengaplikasikan pengetahuan dan  keterampilan yang dibutuhkan. Misalnya tugas memainkan alat musik, menggunakan mikroskop, menyanyi, bermain peran, menari.  
Contoh penilaian tes performance  atau kinerja akan diberikan pada bab Implementasi pada bab selanjutnya.
b.    Produk
adalah penilaian terhadap kemampuan peserta didik dalam membuat produk teknologi dan seni (3 demensi).  Penilaian produk tidak hanya diperoleh dari hasil akhir, namun juga proses pembuatannya. Pengembangan produk meliputi 3 tahap dan dalam setiap tahap perlu diadakan penilaian yaitu:
•    Tahap persiapan atau perencanaan meliputi penilaian terhadap kemampuan siswa  dalam merencanakan, menggali, mengembangkan gagasan, dan mendesain produk
•    Tahap pembuatan meliputi penilaian terhadap kemampuan siswa dalam menyeleksi dan menggunakan bahan dan alat serta dalam menentukan teknik yang tepat.
•    Tahap penilaian (appraisal) meliputi penilaian terhadap kemampuan siswa membuat produk sesuai dengan kegunaannya.
 Contoh  membuat meja, membuat kincir angin, membuat Kartu nama, membuat kotak kue, merangkai bunga.
 Model penilaian  Produk diberikan pada bab implementasi pada bab selanjutnya.
c.    Proyek
 adalah penilaian terhadap tugas yang mengandung investigasi dan  harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut meliputi perencanaan, pelaksanaan, pelaporan.    Projek juga akan memberikan informasi tentang pemahaman dan pengetahuan siswa pada pembelajaran tertentu, kemampuan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan, dan kemampuan siswa untuk mengomunikasikan informasi. Penilaian proyek sangat dianjurkan karena membantu mengembangkan ketrampilan berpikir tinggi  (berpikir kritis, pemecahan masalah, berpikir kreatif) peserta didik . misalnya membuat laporan pemanfaatan energy di dalam kehidupan, membuat laporan hasil pengamatan pertumbuhan tanaman.
contoh penilaian proyek diberikan pada bab implementasi pada bab selanjutnya
d.    Portofolio 
Penilaian Portofolio adalah penilaian melalui sekumpulan karya peserta didik yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi yang dilakukan selama kurun waktu tertentu. Portofolio digunakan oleh guru dan peserta didik untuk memantau secara terus menerus perkembangan pengetahuan dan  keterampilan peserta didik dalam bidang tertentu. Dengan demikian penilaian portofolio memberikan gambaran secara menyeluruh tentang proses & pencapaian hasil belajar peserta didik.
Portofolio merupakan bagian terpadu dari pembelajaran sehingga guru mengetahui sedini mungkin kekuatan dan kelemahan peserta didik dalam menguasai kompetensi pada suatu tema.  Misalnya kompetensi pada tema “selalu berhemat energy”. Contoh kompetensi membuat laporan hasil percobaan.  Kemampuan membuat laporan hasil percobaan tentu tidak seketika dikuasai peserta didik, tetapi membutuhkan proses panjang, dimulai dari penulisan draf, perbaikan draf,  sampai laporan akhir yang siap disajikan. Selama proses ini diperlukan bimbingan guru melalui catatan-catatan tentang karya peserta didik sebagai masukan perbaikan lebih lanjut. Kumpulan karya anak sejak draf sampai laporan akhir berserta catatan catatan sebagai masukan guru inilah, yang menjadi portofolio.
Di samping memuat karya karya anak beserta catatan guru, terkait kompetensi membuat laporan hasil percobaan tersebut di atas, portofolio juga bisa memuat catatan hasil penilaian diri dan teman sejawat tentang kompetensi yang sama serta sikap dan perilaku sehari hari peserta didik yang bersangkutan.
Agar penilaian portofolio berjalan efektif guru beserta peserta didik perlu menentuan hal-hal yang harus dilakukan dalam menggunakan portofolio Sebagai berikut:
1)    masing-masing peserta didik memiliki porto folio sendiri yang di dalamnya memuat mata pelajaran.
2)    menentukan hasil kerja apa yang perlu dikumpulan/disimpan.
3)    sewaktu waktu peserta didik diharuskan membaca catatan guru yang berisi komentar, masukkan dan tindakan lebih lanjut yang harus dilakukan peserta didik dalam rangka memperbaiki  hasil kerja dan sikap.
4)     peserta didik dengan kesadaran sendiri menindaklanjuti catatan guru.
5)     catatan guru dan perbaikan hasil kerja yang dilakukan peserta didik perlu diberi tanggal, sehingga perkembangan kemajuan belajar peserta didik  dapat terlihat.
Tahapan selanjutnya mari kita bahas pada proses Panduan Penilaian/pengisian Raport Kurikulum 2013.
Walau kita ketahui pada beberapa hari yang lalu kami telah membagikan software Penilaian Kurikulum 2013 untuk tingkat SD, SMP Dan SMA namun tak ada salahnya kita sebagai guru mengetahui lebih dalam tentang proses penilaiannnya.

Download Buku Kurikulum 2013 Kelas 5 SD


Proses pembelajaran terjadi secara internal pada diri peserta didik.Pada tahapan Penilaian Kelas atau bentuk lainnya Proses tersebut mungkin saja terjadi akibat dari stimulus luar yang diberikan guru, teman, lingkungan. Proses tersebut mungkin pula terjadi akibat dari stimulus dalam diri peserta didik yang terutama disebabkan oleh rasa ingin tahu. Proses pembelajaran dapat pula terjadi sebagai gabungan dari stimulus luar dan dalam. Dalam proses pembelajaran, guru perlu mengembangkan kedua stimulus pada diri setiap peserta didik. Di dalam pembelajaran, peserta didik difasilitasi untuk terlibat secara aktif mengembangkan potensi dirinya menjadi kompetensi. Guru menyediakan pengalaman belajar bagi peserta didik untuk melakukan  berbagai kegiatan yang memungkinkan mereka mengembangkan potensi yang dimiliki mereka menjadi kompetensi yang ditetapkan dalam dokumen kurikulum atau lebih. Pengalaman belajar tersebut semakin lama semakin meningkat menjadi kebiasaan belajar mandiri dan ajeg sebagai salah satu dasar untuk belajar sepanjang hayat Dalam suatu kegiatan belajar dapat terjadi pengembangan sikap, pengetahuan,dan keterampilan dalam kombinasi dan penekanan yang bervariasi.  Pada Penilaian yang bersifat Aplikasi Kurikulum 2013,  Setiap kegiatan belajar memiliki kombinasi dan penekanan yang berbeda dari kegiatan belajar lain tergantung dari sifat  muatan yang dipelajari. Meskipun demikian, pengetahuan selalu menjadi unsur penggerak untuk pengembangan kemampuan lain.
Berikut link download Buku BSE Kurikulum 2013 Kelas 5 SD.

Download Buku Pegangan Guru Kelas 5 SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 pada link di bawah ini

Tema 1 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar disini
Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan disini
Tema 3 Kerukunan dalam bermasyarakat disini
Tema 4 Sehat Itu Penting disini
Tema 5 Bangga sebagai Bangsa Indonesia disini



Semoga bermanfaat

BUKU PEGANGAN GURU DAN SISWA KELAS 1, 4 KURIKULUM 2013


Seiring Penerapan Kurikulum 2013 yang telah dan akan segera diterapkan secara Bertahap. Kali ini makalahkumakalahmu  ingin berbagi buku pegangan guru maupun buku pegangan siswa buat guru-guru dan siswa-siswa jenjang SD diseluruh tanah air. Bagi yang berminat, segera klik tautan dibawah ini untuk mengunduh buku pegangan guru maupun buku pegangan siswa :

Buku Pegangan Guru

  1. Download buku guru kelas 1 tema 1-Diriku.
  2. Download buku guru kelas 1 tema 2-Kegemaranku.
  3. Download buku guru kelas 1 tema 3-Kegiatanku.
  4. Download buku guru kelas 1 tema 4-Keluargaku.
  5. Download buku guru kelas 1 Tema 5-Pengalamanku.
  6. Download buku guru kelas 1 Tema 6-Lingkungan bersih sehat dan asri.
  7. Download buku guru kelas 1 Tema 7-Benda, hewan dan tanaman sekitarku.
  8. Download buku guru kelas 1 Tema 8-Peristiwa alam.
  9. Download buku guru kelas 4 tema 1-Indahnya Kebersamaan.
  10. Download buku guru kelas 4 tema 2-Selalu Berhemat Energi.
  11. Download buku guru kelas 4 tema 3-Peduli Terhadap Makhluk Hidup.
  12. Download buku guru kelas 4 tema 4-Berbagi Pekerjaan.
  13. Download buku guru kelas 4 Tema 5-Pahlawanku.
  14. Download buku guru kelas 4 Tema 6-Indahnya Negeriku.
  15. Download buku guru kelas 4 Tema 7-Cita-citaku.
  16. Download buku guru kelas 4 Tema 8-Tempat tinggalku.
  17. Download buku guru kelas 4 Tema 9-Makananku Sehat dan Bergizi.

Buku Pegangan Siswa

  1. Buku pegangan siswa SD kelas 1 tema 1, Diriku
  2. Buku pegangan siswa SD kelas 1 tema 2, Kegemaranku
  3. Buku pegangan siswa SD kelas 1 tema 3, Kegiatanku
  4. Buku pegangan siswa SD kelas 1 tema 4, Keluargaku
  5. Buku pegangan siswa SD kelas 1 tema 5, Pengalamanku..
  6. Buku pegangan siswa SD kelas 1 tema 6, Lingkungan bersih sehat dan asri.
  7. Buku pegangan siswa SD kelas 1 tema 7, Benda, hewan dan tanaman disekitarku.
  8. Buku pegangan siswa SD kelas 1 tema 8, Peristiwa alam.
  9. Buku pegangan siswa SD kelas 4 tema 1, Indahnya Kebersamaan
  10. Buku pegangan siswa SD kelas 4 tema 2, Selalu Berhemat Energi
  11. Buku pegangan siswa SD kelas 4 tema 3, Peduli Terhadap Makhluk Hidup
  12. Buku pegangan siswa SD kelas 4 tema 4, Berbagai Pekerjaan
  13. Buku pegangan siswa SD kelas 4 tema 5, Pahlawanku.
  14. Buku pegangan siswa SD kelas 4 tema 6, Indahnya negeriku.
  15. Buku pegangan siswa SD kelas 4 tema 7, Cita-citaku.
  16. Buku pegangan siswa SD kelas 4 tema 8, Tempat tinggalku.
  17. Buku pegangan siswa SD kelas 4 tema 9, Makananku sehat dan bergizi.
Semoga bermanfaat ^_^