Judul Berjalan

TULISAN MOUSE BERJALAN

BERJALAN KEKANAN DAN KEKIRI

SELAMAT BERGABUNG DENGAN KANGTARJOSENDANGREJO..... AYO LATIHAN NGE BLOG BERSAMA-SAMA

Berjalan kekanan kekiri

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MINAL AIDZIN WAL FA IDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

KOMPETENSI MANAJERIAL



 

instrumen penilaian kompetensi manajerial kepala sekolah

 

Download Instrumen Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah

 

Kompetensi :Kompetensi Manajerial (KEPALA SEKOLAH )

Kompetensi : Kompetensi Manajerial
1. Mengadakan rapat dewan guru yang diprakarsai oleh pengawas sekolah dalam rangka kepengawasan merupakan penerapan ….
a. teknik supervisi manajerial
b. metode supervisi manajerial
c. metode dan teknik supervisi
d. metode supervisi kelompok
e. teknik supervisi kelompok
2. Melakukan pertemuan akhir dengan staf sekolah pada pelaksanaan supervise manajerial untuk mereview target manajerial, merupakan penerapan….
a. penerapan metode supervisi
b. penerapan teknik supervisi
c. salah satu langkah metode supervisi
d. salah satu langkah teknik supervisi
e. tindak lanjut hasil kepengawasan
3. Melakukan pertemuan akhir pada kegiatan supervise manajerial bertujuan untuk….
a. meningkatkan partisipasi kepala sekolah dalam mengidentifikasikan keterampilan manajerial
b. mengembangkan dan membicarakan instrumen observasi
c. memperlancar pertemuan – pertemuan berikutnya.
d. segera dapat diberikan umpan balik untuk perbaikan.
e. Mendiskusikan hasil observasi
4. Dalam melaksanakan supervisi manajerial seorang pengawas menggunakan instrumen yang ….
a. baku
b. dikembangkan APSI
c. dikembangkan kelompok pengawasan
d. dikembangkan pengawas bersama sekolah
e. telah disepakati bersama
5. Langkah pertama yang harus ditempuh pengawas dalam menyusun program kepengawasan agar dapat membantu sekolah mengembangkan program inovasi sekolah adalah ….
a. membandingkan hasil tampilan performasi dengan kriteria / benchmark,
b. menetapkan standar / kriteria pengukuran performasi sekolah,
c. melakukan tindakan pengawasan yang berupa bantuan profesional kesejawatan,
d. motivasi pengembangan potensi, inisiatif dan kratifitas sekolah,
e. memotivasi pengembangan potensi, inisiatif dan kreatifitas sekolah
6. Prinsip pengawasan yang diadpsi dari Ofsted 2003 sesuai dengan dimensinya, maka urutan yang benar adalah ….
a. trust, support, challenge, networking and collaboration.
b. support, challenge, trust, networking and collaboration.
c. challenge, support, trust, networking and collaboration
d. support, trust, challenge, networking and collaboration
e. trust, challenge, support, networking and collaboration
7. Apabila hasil – hasil kepengawasan mampu menggambarkan profil dinamika sekolah masa depan yang lebih baik dan lebih menjanjikan akan terbentuk ….
a. dukungan pihak sekolah
b. kepercayaan stakeholder
c. semangat dan kerjasama dari sekoalh
d. kolaborasi antar stakeholder
e. jaringan kerja antar stakeholder
8. Kegiatan inti supervise yang harus selalu dilakukan pengawas yang menjadi muara terjadinya peningkatan mutu adalah ….
a. negosiasi
b. kolaborasi
c. networking
d. kooperatif
e. antisipatif
9. Konsep dasar MPMBS dapat diartikan sebagai model manajemen yang ….
a. meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah.
b. meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakan dalam penyelenggaraan pendidik
c. memberikan otonomi yang lebih besar kepaka sekolah dan mendorong pengambilan keputusan partisipatif
d. meningkatkan tanggung jawab sekolah kepada orang tua, masyarakat dan pemerintah tentang mutu sekolahnya.
e. Meningkatkan kompetensi yang sehat antar sekolah tentang mutu pendidikan yang dicapai.
10. Dengan menerapkan konsep MPMBS, maka terjadi regulasi pendidikan sehingga peranan pusat bergeser dari ….
a. mengolah resiko menjadi menghindari resiko
b. menggarahkan menjadi memfasilitasi
c. desentralistik menjadi sentralistik
d. pemberdayaan menjadi pendelegasian
e. mempengaruhi menjadi mengkontrol
11. Sekolah yang menerapkan MPMBS memiliki karakteristik bahwa partisipasi warga sekolah dan masyarakat merupakan bagian kehidupannya. Hal ini dilandasi oleh keyakinan bahwa ….
a. makin tinggi tingkat partisipasi, makin besar pula rsa tanggung jawab
b. makin besar rasa memiliki, makin besar pula rasa partisipasi
c. makin tinggi tingkat partisipasi, makin besar pula rasa memiliki
d. makin besar rasa tanggung jawab, makin besar pula rasa memiliki
e. makin besar rasa dedikasi, makin besar pula rasa tanggung jawab
12. Sekolah yang efektif pada umumnya memiliki sejumlah karakteristik proses, diantaranya ….
a. partisipasi yang tinggi dari warga sekolah dan masyarakat
b. sumber daya tersedia dan siap
c. staf yang kompeten dan berdedikasi tinggi
d. memiliki harapan prestasi yang tinggi
e. memiliki kebijakan, tujuan, dan sasaran mutu yang jelas
13. Bagi sekolah yang menerapkan MPMBS budaya mutu tertanam disanubari semua warga sekolah sehingga setiap perilaku selalu didasari oleh profesionalisme. Budaya mutu memiliki elemen – elemen diantaranya ….
a. sekolah memiliki keterbukaan manajemen
b. hasil harus diikuti penghargaan atau sanksi
c. sekolah memiliki team work yang kompak, cerdas dan dinamis.
d. Sekolah memiliki kewenangan
e. Sekolah melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkelanjutan.
14. Pada perencanaan program, pernyataan yang merupakan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu adalah ….
a. visi
b. misi
c. tujuan
d. sasaran
e. program
15. Rencana kerja jangka menengah menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu ….
a. satu tahun
b. dua tahun
c. tiga tahun
d. empat tahun
e. lima tahun
16. Salah satu prinsip dalam perencanaan pengembangan sekolah adalah ….
a. berlandaskan visi dan arah pengembangkan sekolah
b. mengkaji kebijakan yang relevan
c. komprehensif dan integrated
d. menganalisis kondisi sekolah
e. menganalisis data dan informasi
17. Cara menggerakkan warga adalah agar melaksankan tugasnya secara optimal adalah dengan ….
a. menerapkan prinsip motivasi bagi warga sekolah
b. menyakinkan bahwa pekerjaan tersebut memberikan manfaat bagi dirinya
c. menetapkan dan memfungsikan organisasi
d. mengendalikan dan melakukan supervisi pelaksanaan kegiatan
e. menggerakkan seluruh orang yang terkait untuk bersama – sama melakukan kegiatan
18. Cara mengorganisasikan sekolah dengan baik diantaranya dengan ….
a. menempatkan orang -orang pada posisi tugas yang sesuai
b. memfungsikan organisasi yang melaksanakan fungsi
c. melengkapi program yang telah disusun dengan susunan organisasi pelaksanaannya
d. Secara bersama – sama melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugas masing – masing
e. Mengendalikan dan melakukan pengawasan pelaksanaan sehingga mencapai sasaran secara efektif dan efisien
19. Cara melaksanakan pengawasan agar berhasil dengan baik adalah dengan ….
a. memberikan bantuan dan bimbingan secara langsung
b. melaksanakan pengawasan yang bersifat membimbing dan mengatasi kesulitan
c. melakukan pengawasan secara langsung
d. melakukan pengawasan dalam waktu dinas
e. tidak memberikan balikan atau saran secara langsung
20. Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengelolaan sekolah yang ditunjukkan dengan ….
a. kemandirian keunikan, partisipasi, keterbukaan dan akuntabilitas
b. kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan dan keluwesan
c. kemandirian kemitraan, partisipasi, keterbukaan dan akuntabilitas
d. kemandirian kemitraan, keselarasan, partisipasi dan keterbukaan
e. kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan dan akuntabilitas
21. Pengelolaan satuan pendidikan yang menerapkan PMBS dicirikan oleh ….
a. kemandirian – partisipasi – kemitraan – akuntabilitas
b. kemandirian – partisipasi – keterbukaan – akuntabilias
c. kemandirian – overegulasi – partisipasi – akuntabilitas
d. kemandirian – regulasi – partisipasi – akuntabilitas
e. kemandirian – partisipasi – pendelegasian – akuntabilitas
22. Penerapan system manajemen penjaminan mutu pada rencana pengembangan sekolah dijumpai pada ….
a. visi sekolah
b. misi sekolah
c. tujuan sekolah
d. program sekolah
e. tonggak – tonggak keberhasilan
23. Menurut Total Quality Management keberhasilan sekolah diukur dari tingkat kepuasan ….
a. pelanggan internal dan eksternal
b. pelanggan internal dan sekunder
c. pelanggan internal dan primer
d. pelanggan eksternal dan primer
e. pelanggan eksternal dan sekunder
24. Salah satu sifat layanan yang harus diwujudkan pada TQM adalah sifat keterjaminan ( assurance ) antara lain ….
a. kebersihan, keteraturan dan keindahan
b. kejujuran, tepat waktu dan ketersediaan
c. ramah, memahami, aspirasi, dan berkomunikasi
d. kompetensi guru, kompetensi staf dan keobjektifan
e. kerapihan, kebersihan dan kejujuran
25. Dengan menerapkan teknik Quality Assurance akan dapat dideteksi penyimpangan yang terjadi pada ….
a. kualitas mutu
b. kualitas output
c. kualitas proses
d. kualitas kontrol
e. kualitas managemen
26. Quality assurance akan menghasilkan informasi yang ….
a. sesuai dengan Standar Jaminan Mutu
b. sesuai dengan standar yang telah ditetapkan
c. menekankan pada kualitas out put yang sesuai dengan standar
d. memberikan jaminan bahwa sekolah memberikan pelayanan terbaik
e. menghasilkan rumusan tentang kelemahan dan kelebihan program sekolah
27. Pelangan bantuan untuk peserta didik baik secara baik secara perorangan mampu kelompok agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal adalah ….
a. pengertian konseling
b. jenis layanan konseling
c. fungsi bimbingan konseling
d. bidang pelayanan konseling
e. kegiatan layanan konseling
28. Jenis layanan yang membantu peserta didik menerima dan mamaknai berbagai informasi diri, sosial, belajar, karir/jabatan, dan pendidikan lanjutan adalah ….
a. layanan konseling
b. layanan informasi
c. layanan konsultasi
d. layanan mediasi
e. layanan orientasi
29. Jenis layanan yang membantu peserta didik menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki hubungan antar mereka adalah ….
a. layanan mediasi
b. layanan orientasi
c. konsultasi
d. konseling
e. informasi
30. Jenis layanan yang membantu peserta didik memperoleh wawasan, pemahaman dan cara – cara yang perlu dilaksankan dalam menangani kondisi atau permasalahan peserta didik adalah ….
a. layanan orientasi
b. layanan mediasi
c. layanan konsultasi
d. layanan informasi
e. layanan konseling
31. Kegiatan pengembangan diri merupakan upaya pembentukan watak dan kepribadian peserta didik yang dilakukan melalui kegiatan ….
a. pelayanan konseling, pengembangan karir dan ekstrakurikuler
b. pelayanan konseling, pengembangan kecakapan hidup dan ekstra kurikulur
c. pelayanan konseling, pengembangan karir dan pengembangan pribadi
d. pengembangan karir, pengembangan pribadi dan ekstra kurikuler
e. pengembangan kecakapan hidup, pengembangan pribadi, dan ekstrakurikurer
32. Kegiatan pengembangan diri yang termasuk kegiatan rutin adalah ….
a. memberi salam
b. datang tepat waktu
c. berbahasa yang baik
d. memuji kebaikan orang lain
e. ibadah khusus keagamaan bersama
33. Kegiatan pengembangan diri secara tidak terprogram dan terjadwal adalah ….
a. pemeliharaan kebersihan dan kesehatan diri
b. membiasakan antri
c. membuang sampah pada tempatnya
d. dating tepat waktu
e. rajin membaca
34. Kegiatan pengembangan diri yang termasuk kegiatan spontan adalah ….
a. memuji keberhasilan orang lain
b. rajin membaca
c. mengatasi silang pendapat
d. upacara bendera
e. berpakaian rapi
35. Pada sekolah / madrasah swasta rencana jangka menengah dan tahunan sekolah disahkan berlakunya oleh ….
a. rapat dewan guru komite sekolah madrasah
b. rapat dewan pendidik dan komite sekolah/ madrasah
c. dinas pendidikan provinsi
d. dinas pendidikan kabupaten / kota
e. penyelenggaraan sekolah/ madrasah
36. Kepala sekolah/ madrasah mempertanggungjawabkan pelaksanaan pengelolaan sekolah kepada ….
a. kepala dinas kabupaten / kota baik bidang akademik maupun non akademik
b. rapat dewan pendidik baik bidang akademik maupun non akademik.
c. komite sekolah/ madrasah baik bidang akademik maupun non akademik.
d. rapat dewan pendidik dan komite sekolah/ madrasah baik bidang akademik maupun non akademik
e. rapat dewan pendidik unutk bidang akademik dan komite sekolah/ madrasah untuk bidang non akademik
37. Mutu pembelajaran di sekolah/ madrasah dikembangkan dengan ….
a. metode pembelajaran yang bervariasi
b. strategi pembelajaran yang relevan dengan SK/KD
c. model kegiatan pembelajaran yang mengacu pada standar proses
d. pendekatan pembelajaran CTL
e. pendekatan dan metode pembelajaran PAKEM
38. Pelaksanaan kegiatan sekolah yang tidak sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan perlu ….
a. disampaikan pada rapat dewan pendidik dan komite sekolah
b. dikelola dengan staf yang betul – betul memahaminya
c. mendapat persetujuand ewan pendidik dan komite sekolah
d. dikelola oleh pertanggung jawaban kegiatan yang didasarkan pada ketersediaan sumber daya yang ada
e. diputuskan oleh kepala sekolah dengan mempertimbangkan pendapat dari komite
39. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran adalah ….
a. 34 – 36 minggu
b. 34 – 38 minggu
c. 36 – 38 minggu
d. 36 – 40 minggu
e. 38 – 40 minggu
40. Analisis SWOT dilakukan dengan maksud mengenali tingkat kesiapan ….
a. factor
b. fungsi
c. sasaran
d. masalah
e. tindakan
41. Bila jumlah murid dalam 1 kelas tertentu 32 siswa, maka jumlah buku untuk setiap mata pelajaran minimal ….
a. 16 eksemplar
b. 30 eksemplar
c. 32 eksemplar
d. 33 eksemplar
e. 34 eksemplar
42. Rasio minimum ruang guru adalah 4 m² / pendidik dan luas minimum untuk SMP adalah ….
a. 32 m²
b. 36 m²
c. 40 m²
d. 50 m²
e. 56 m²
43. Untuk rombongan belajar dengan peserta didik kurang dari 15 orang, luas minimum ruang kelas adalah ….
a. 24 m²
b. 30 m²
c. 36 m²
d. 42 m²
e. 56 m²
44. Satu SMP/MTs memiliki sarana dan prasarana yang dapat melayani minimal 3 rombel dan maksimal ….
a. 21 rombel
b. 24 rombel
c. 27 rombel
d. 30 rombel
e. 33 rombel
45. Quality control suatu sistem untuk mendeteksi terjadinya penyimpangan kualitas….
a. target
b. input
c. proses
d. output
e. manajemen
46. Dalam TQM sekolah dipahami sebagai ” unit layanan jam ” yang melayani pelanggan internal dan eksternal, yang termasuk pelanggan internal adalah ….
a. performance
b. supervisi
c. kinerja
d. akreditasi
e. monitoring
47. Kegiatan evaluasi sekolah pada dasarnya adalah untuk mengetahui sejauhmana kesuksesan penyelenggaraan sekolah secara substansi, merupakan evaluasi ….
a. performance
b. supervisi
c. kinerja
d. akreditasi
e. monitoring
48. Dalam melakukan pembinaan tentang pelaksanaan dengan kenaikan kelas cakupannya adalah ….
a. seluruh indikator KD yang belum diujikan pada ujian harian
b. seluruh indikator KD pada tengah semester II
c. seluruh indikator KD pada semester II setiap tingkat
d. seluruh indikator KD pada tingkat kelas tersebut
e. Seluruh indikator esensial KD pada tingkat kelas tersebut
49. Hasil penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan disampaikan dalam bentuk….
a. satu nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran
b. per aspek sesuai dengan karakteristik setiap mata pelajaran
c. satu nilai pencapaian kompetensi setiap mata pelajaran dengan deskripsi kemajuan belajar
d. setiap aspek sesuai dengan karakteristik setiap mata pelajaran disertai dengan deskripsi kemjuan belajar
e. balik satu nilai, baleh juga peraspek, namun disertai dengan deskripsi kemajuan belajar.
50. Untuk SD minimum terdapat 1 unit jamban untuk setiap ….
a. 50 peserta pria
b. 50 peserta wanita
c. 40 peserta pria
d. 40 peserta wanita
e. 30 peserta wanita

 

Semoga Bermanfaat