Judul Berjalan

TULISAN MOUSE BERJALAN

LIHAT JAM LHO!!!!!

BERJALAN KEKANAN DAN KEKIRI

SELAMAT BERGABUNG DENGAN KANGTARJOSENDANGREJO..... AYO LATIHAN NGE BLOG BERSAMA-SAMA

Berjalan kekanan kekiri

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI MINAL AIDZIN WAL FA IDZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PENGUMPULAN DATA EDS 2013

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT RKT DAN RKAS SEKOLAH DASAR 2013

RKT atau Rencana Kerja Tahuan adalah suatu haluan program kerja yang disusun setiap tahunnya oleh unsur-unsur sekolah baik dari Dewan Sekolah, Kepala Sekolah, maupun Dewan Guru agar sekolah tidak kehilangan arah dalam menentukan tujuannya selama setahun kedepan
RKAS atau Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah adalah rincian program sebagai penjabaran dari RKT agar anggaran yang ada bisa di alokasikan ke dalam program yang hendak dilaksanakan selama satu tahun kedepan.
Sekolah Dasar setiap tahun menerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah sebanyak Rp. 580.000,- persiswa. Oleh karena itu RKAS penting dibuat oleh sekolah agar dana yang diberikan berupa Dana BOS tersebut tepat dan penyerapannya on the rack. Menurut Juknis BOS tahun 2013 terdapat 8 Program utama yang harus dijalankan sekolah agar tujuan pendidikan nasional umumnya dan tujuan pendidikan dasar khususnya dapat tercapai. 8 Program tersebut yaitu
  1. Pengembangan Kompetensi Lulusan
  2. Pengembangan Standar Isi
  3. Pengembangan Standar Proses
  4. Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Pengembangan Sarana dan Prasarana Sekolah
  6. Pengembangan dan Implementasi Manajemen Sekolah
  7. Pengembangan Standar Pembiayaan
  8. Pengembangan dan Implementasi Sistem Penilaian
Bagaimana cara menyusun dan membuat Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) tersebut.
1. Buat Visi, Misi dan Tujan Sekolah
Visi Sekolah adalah suatu pandangan kedepan tentang ingin dicapai kedepan secara garis besar
Contoh Visi Sekolah : Terciptanya Peserta Didik Yang Berkualitas, Kompetitif dan Berakhlak Mulia
Misi Sekolah adalah cara untuk mencapai visi sekolah tersebut
Contoh Misi Sekolah
a. Menyelenggarakan pendidikan bebas pungutan bagi seluruh siswa
b. Menyelenggarakan pendidikan untuk mengembangkan kemampuan dan potensi peserta didik
c. Menyelenggarakan pendidikan untuk mengembangkan kepribadian, nilai-nilai agama dan budaya peserta didik
Tujuan Sekolah adalah tujuan yang ingin dicapai sekolah setelah melaksanakan semua misi-misi sebagai penjabaran visi sekolah tersebut
Contoh
a. Menuntaskan Program Wajib Belajar 9 Tahun
b. Terwujudnya peserta didik yang kompetitif dan berkualitas
c. Terbinanya peserta didik yang berkepribadian, berakhlak mulia dan berbudaya 
2. Lakukan Evaluasi Diri Sekolah 
Hal-hal yang dievaluasi diantaranya: Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, Standar Penilaian Pendidikan.
Contoh hasil EDS bisa dilihat disini
3. Tentukan Tantangan Utama Sekolah setelah melakukan Evaluasi Diri Sekolah
Contoh:
TANTANGAN UTAMA
SD NEGERI XXXXXX
  1. Mengadakan kegiatan untuk memenuhi pengembangan pribadi peserta didik 
  2. Mengadakan kegiatan untuk mengembangkan kepribadian, nilai-nilai agama dan budaya 
  3. Menyusun kurikulum yang mempertimbangkan karakteristik daerah kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya usia peserta didik dan kebutuhan pembelajaran 
  4. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan memperhatikan kemampuan awal peserta didik dan latar belakang budaya 
  5. Menyediakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lainnya secara tepat untuk memotivasi belajar peserta didik 
  6. Memfasilitasi pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengikuti pelatihan agar kualifikasi dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar 
  7. Mengadakan perbaikan sarana dan prsarana sekolah agar memenuhi Standar Pelayanan Mutu (SPM) 
  8. Menyediakan alat pembantu pembelajaran untuk memfasilitasi potensi keterampilan peserta didik
  9. Membuat rencana dan laporan keuangan yang transparan, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan
  10. Melaksanakan penilaian secara teratur berdasarkan rencana yang dibuat untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik 
4. Tentukan Program Strategis dan Program Rutin yang dilaksanakan di sekolah

5. Tentukan Sasaran, Indikator dan Penanggungjawab Program Kegiatan
Contoh Sasaran dan Inditator Program Kegiatan bisa dilihat per program kegiatan

  1. Sasaran dan Inditator Pengembangan Kompetensi Lulusan (lihat disini)
  2. Sasaran dan Inditator Pengembangan Standar Isi (lihat disini)
  3. Sasaran dan Inditator Pengembangan Standar Proses (lihat disini)
  4. Sasaran dan Inditator Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (lihat disini)
  5. Sasaran dan InditatorPengembangan Sarana dan Prasarana Sekolah (lihat disini)
  6. Sasaran dan Inditator Pengembangan dan Implementasi Manajemen Sekolah (lihat disini)
  7. Sasaran dan Inditator Pengembangan Standar Pembiayaan (lihat disini)
  8. Sasaran dan Inditator Pengembangan dan Implementasi Sistem Penilaian (lihat disini)
6. Rinci Anggaran yang dibutuhkan setiap program kegiatan (dalam juknis BOS dokumen K-2)

7. Rekap semua anggraran dalam RKAS (dalam juknis BOS dokumen K-1)

8. Buat SK RKT dan RKAS 2013 (contoh bisa dilihat disini)

9. Dokumentasikan semuanya (Dokumen RKT dan RKAS 2013 lengkap dapat dilihat seperti ini disini)


SASARAN DAN INDIKATOR KEGIATAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI LULUSAN

Sasaran dan Inditator Kegiatan Pengembangan Kompetensi Lulusan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) 2013
(sesuai dengan Implementasi Permendiknas nomor 23 tahun 2006)

Sasaran : Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan
Kegiatan dan Indikatornya
  1. Penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal (rutin). Indikatornya: Tersusunnya KKM dengan dari semua kurikulum pembelajaran kelas.
  2. Penyusunan Kriteria Kenaikan Kelas (rutin). Indikarornya: Tersusunnya Kriteria Kenaikan Kelas dengan Baik.
  3. Ujian Akhir Sekolah / Ujian Akhir Nasional (rutin). Indikatornya: Nilai UASBN menuaskan ( >7 )
  4. Rapat UAN/UAS (rutin). Indikatornya: Terlaksanannya rapat UAN/UAS yang baik dengan menghasilkan Jadwal Ujian, Pengawas dan Pemeriksa Ujian, tertulis maupun praktek.
  5. Rapat Kelulusan (rutin). Indikatornya: Terlaksananya rapat kelulusan yang menghasilkan daftar peserta didik yang lulus dan peserta yang akan melanjutkan ke jenjang SMP/MTs.
  6. Pemantapan Ujian Naional (rutin). Indikatornya: Terlaksanannya Pengayaan / Tambahan Jam Belajar sehingga Kompetensi Dasar peserta didik memenuhi standar untuk kelulusan
  7. Pelaksanaan Uji Coba/Try Out UASBN/UN (strategis). Indikatornya: Terlaksananya Uji Coba/Try Out untuk hasilnya dievaluasi untuk mengadakan pengayaan agar target kelulusan tercapai

Sasaran : Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh sebagai anggota masyarakat
Kegiatan dan Indikatornya
  1. Kegiatan pengembangan akademis dan non akademis (Siswa Teladan, Bidang Study, Olahraga, Seni dan Pentas PAI) (strategis). Indikatornya:Mengirimkan 30 Peserta Didik untuk mengikuti lomba siswa teladan, bidang studi, olahraga seni dan pentas PAI di tingkat kecamatan
  2. Kegiatan pengembangan budaya dalam bentuk pertunjukan seni kedaerahan  (strategis). Indikatornya: Terlaksananya kegiatan Pentas Seni Siswa dengan menampilkan minimal 20 kreatifitas seni
  3. Kegiatan pengembangan nilai-nilai keagamaan (strategis). Indikatornya: Terlaksananya kegiatan pengembangan kepribadian peserta didik pada bulan Ramadhan dengan memberikan materi-materi pembentuk keperibadian seperi sopan santun, contoh tauladan dari nabi-nabi, nilai-nilai kemasyarakatan dll serta monitoring kegiatan dalam bentuk buku ramadhan untuk mengetahui perkembangan kepribadian peserta didik

SASARAN DAN INDIKATOR KEGIATAN PENGEMBANGAN STANDAR PROSES

Sasaran dan Inditator Kegiatan Pengembangan Standar Proses Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) 2013
(sesuai dengan Implementasi Permendiknas nomor 41 tahun 2007)

Sasaran : Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif dan menantang dan memotivasi peserta didik
Kegiatan dan Indikatornya
  1. Pengadaan Sarana Penunjang KBM (rutin). Indikatornya: Tersedianya sarana penunjang KBM agar pembelajaran dapat teralaksana dengan menyenangkan.
  2. Pembelian Buku Penunjang Pembelajaran (rutin). Indikarornya: Tersediannya buku penunjang pembelajaran.
  3. Pengadaan Alat Pembelajaran (strategis). Indikatornya: Tersedianya alat penujang pembelajaran yang mendukung terlaksanannya KBM yang interaktif
Sasaran : Terlaksananya Program Kesiswaan yang baik
Kegiatan dan Indikatornya
  1. Penerimaan Siswa Baru (rutin). Indikatornya: Terlaksananya Program Kesiswaan yang baik yang salah satunya penerimaan siswa baru bisa mengakomodir siswa melaksanakan program wajib belajar.
Sasaran : Terlaksananya Program ekstraulikuler wajib
Kegiatan dan Indikatornya
  1. Penyusunan Program Ekstrakulikuler Pramuka  (rutin). Indikatornya: Tersedianya program Pramuka yang baik
  2. Kegiatan Perkemahan Pramuka (strategis). Indikatornya: Terlaksananya program perkemahan

SASARAN DAN INDIKATOR KEGIATAN PENGEMBANGAN STANDAR ISI

Sasaran dan Inditator Kegiatan Pengembangan Standar Isi Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) 2013
(sesuai dengan Implementasi Permendiknas nomor 22 tahun 2003)

Sasaran : Kurikulum sesuai dan relevan
Kegiatan dan Indikatornya
  1. Penyusunan Pembagian Tugas Guru dan Jadwal Pelajaran (rutin). Indikatornya: Dapat tersusunnya pembagian tuas sesuai dengan SPM.
  2. Penyusunan Program Tahunan (rutin). Indikarornya: Dapat tersusunnya Program tahunan dengan baik sesuai dengan standar isi.
  3. Penyusunan Program Semester (rutin). Indikatornya: Dapat tersusunnya Program Semester dengan baik
  4. Pembuatan Silabus (rutin). Indikatornya: Ada silabus tertulis yang benar dari kelas I – VI yang dikembangkan berdasarkan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan.
  5. Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) (rutin). Indikatornya: Ada RPP tertulis untuk setiap kompetensi berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran.

Semoga bermanfaat!!!