Pemberlakuan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan telah membawa konsekuensi tersendiri
terhadap teknis penyelenggaraan Akreditasi Sekolah, dan salah satunya adalah
berkaitan dengan instrumen yang digunakan. Mulai tahun 2009, untuk mengukur
kelayakan SD/MI dalam kegiatan Akreditasi telah digunakan instrumen
baru, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Mendiknas No. 11 Tahun 2009 tentang
Krtiteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Dasar-Madrasah Ibtidaiyah.
Instrumen Akreditasi yang baru ini terdiri dari 157
item mencakup 8 komponen Standar Nasional Pendidikan (standar isi,
standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga
kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar
pembiayaan, dan standar penilaian).
Dalam Permendiknas tersebut dilampirkan pula dengan Petunjuk
Umum danPetunjuk Teknis yang dapat digunakan sebagai panduan bagi
sekolah dalam mengisi instrumen evaluasi diri sekaligus juga menjadi pegangan
bagi para asesor dalam mengklarifikasi dan memverifikasi data pada saat
kegiatan visitasi
Instrumen disusun dalam bentuk skala dengan lima
option jawaban secara gradual. Jika dibandingkan dengan instrumen sebelumnya
yang berbentuk jawaban dikhotomi (YA atau TIDAK), bentuk skala dengan jawaban
lima option ini tampaknya jauh lebih memungkinkan sekolah untuk dapat mengisi
instrumen evaluasi diri secara lebih objektif. Demikian pula, para asesor akan
dapat menggali data lebih akurat pada saat kegiatan visitasi.
Dalam instrumen dengan jawaban yang berbentuk
dikhotomi tampaknya telah menimbulkan kesulitan tersendiri bagi sekolah dalam
menentukan jawaban. Dalam hal ini, pertimbangan subyektif terasa sangat kental
karena tidak ada parameter yang jelas. Demikian juga, para asesor seringkali
mengalami kesulitan dalam memverifikasi data, terutama jika berhadapan dengan
sekolah-sekolah yang merasa ”over estimate” dalam melakukan kegiatan evaluasi
dirinya.
Semoga saja dengan adanya perubahan instrumen dan
teknis penyelenggaraan akreditasi ini kiranya dapat semakin mengokohkan fungsi
dan tujuan dari akreditasi itu sendiri yakni tercapainya pendidikan Indonesia
yang berkualitas tinggi.
Berikut ini kami sampaikan Perangkat Akreditasi
SD/MI dalam fomat Ms. Word 2010.
Untuk yang menggunakan koneki internet terbatas
silahkan download satu per satu perangkat akreditasi berikut :- Cover Perangkat Akreditasi SD/MI.docx
- Salinan PERMEN No 11 Tahun 2009.docx
- Petunjuk Umum Instrumen Akreditasi SD/MI.docx
- Instrumen Akreditasi SD/MI.docx
- Cover Petunjuk Teknis SD/MI.docx
- Petunjuk Umum Juknis SD/MI.docx
- Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditasi SD/MI.docx
- Cover Instrumen Pengumpulan Data.docx
- Petunjuk Umum Instrumen Pengumpulan Data.docx
- Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Akreditasi SD/MI.docx
- Cover Teknik Penskoran.docx
- Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Akreditasi SD/MI.docx
Untuk yang menggunakan koneksi internet cepat silahkan download file perangkat Akreditasi SD/MI berikut : Perangkat Akreditasi SD/MI.rar
Buat yang pengen download file dalam format PDF silahkan klik di sini.
Terima kasih, semoga bermanfaat.
mohon izin share materi di atas
BalasHapussumbernya dari mana Pak?
Monggo Kangmartho.... wah,, nek sumbere jan akeh ki.. pokok'e yo muter-muter,, kwkwkkwkw..
HapusSelamat pagi KANG, mo tanya nih, apakah data yang di upload sudah Valid per 2013?
BalasHapusSalam
Pagi Juga,,.......
BalasHapusSepengetahuan saya.. Perangkat akreditasi ini pada dasarnya sama,,, mengacu pada Permen 11 tahun 2009.
Namun untuk Tahun 2013 ada software untuk Pengawas yang digunakan sebagai rekap peserta akreditasi.
Mohon maaf sampai saat ini saya belum sempat upload software tersebut karena kesibukan,,.. mudah-mudahan dalam waktu dekat software bisa saya upload
Terima kasih atas perhatiannya...
Salam