INSTRUMEN SUPERVISI AKADEMIK
STANDAR ISI
Nama Sekolah :
Alamat Sekolah :
Kab/Kota :
Nama Guru :
Mata Pelajaran :
SK / KD :
Kelas :
Hari / Tanggal :
No.
|
Indikator
|
Pilihan
|
Alat Ukur
|
Skor
|
Deskripsi Kinerja
|
||
1
|
Penyajian materi pelajaran
|
1
|
Sesuai kalender pendidikan
|
5
|
Memenuhi 5 kriteria
|
||
2
|
Sesuai dengan program tahunan
|
4
|
Memenuhi 4 kriteria
|
||||
3
|
Seusai dengan program semester
|
3
|
Memenuhi 3 kriteria
|
||||
4
|
Sesuai dengan tujuan mata pelajaran
|
2
|
Memenuhi 2 kriteria
|
||||
5
|
Sesuai dengan alokasi waktu.
|
1
|
Memenuhi 1 kriteria
|
||||
2
|
Mempertimbangkan kesesuaian materi pelajaran dengan kebutuhan siswa
|
1
|
Keimanan, ketaqwaan dan
ahlak mulia
|
5
|
Memenuhi 5 kriteria
|
||
2
|
Potensi kecerdasan dan
minat sesuai perkembangan peserta didik
|
4
|
Memenuhi 4 kriteria
|
||||
3
|
Keragaman potensi lokal
|
3
|
Memenuhi 3 kriteria
|
||||
4
|
Kebutuhan pada kehidupan
nasional
|
2
|
Memenuhi 2 kriteria
|
||||
5
|
Sesuai dengan kehidupan
pada ruang lingkup global.
|
1
|
Memenuhi 1 kriteria
|
||||
3
|
Mengembangkan KTSP
|
1
|
Mengembangkan secara
mandiri
|
5
|
Memenuhi 5 kriteria
|
||
2
|
Menggunakan model sebagai
referensi nasional
|
4
|
Memenuhi 4 kriteria
|
||||
3
|
Menimbang perbedaan SK/
KD
|
3
|
Memenuhi 3 kriteria
|
||||
4
|
Menjabarkan SK/KD
|
2
|
Memenuhi 2 kriteria
|
||||
5
|
Menggunakan pembanding model
internasional
|
1
|
Memenuhi 1 kriteria
|
||||
4
|
Menetapkan target KKM
|
1
|
KKM MP > 75%
|
5
|
Memenuhi 5 kriteria
|
||
2
|
Pencapaian kriteria
ketuntasan ideal 100%
|
4
|
Memenuhi 4 kriteria
|
||||
3
|
Menganalisis indikator,
KD, dan SK
|
3
|
Memenuhi 3 kriteria
|
||||
4
|
Mempertimbangkan
kemampuan rata-rata peserta didik
|
2
|
Memenuhi 2 kriteria
|
||||
5
|
Mempertimbangkan
kompleksitas SK/KD
|
1
|
Memenuhi 1 kriteria
|
No.
|
Indikator
|
Pilihan
|
Alat Ukur
|
Skor
|
Deskripsi Kinerja
|
||
5
|
Mengembangkan kecakapan hidup
|
1
|
Kecakapan mengenal diri
/personal skill
|
5
|
Memenuhi 5 kriteria
|
||
2
|
Kecakapan berpikir
rasional/thinking skills
|
4
|
Memenuhi 4 kriteria
|
||||
3
|
Kecakapan sosial
|
3
|
Memenuhi 3 kriteria
|
||||
4
|
Kecakapan vokasional
|
2
|
Memenuhi 2 kriteria
|
||||
5
|
Kontekstual
|
1
|
Memenuhi 1 kriteria
|
||||
6
|
Memperhatikan keragaman
jenis informasi
|
1
|
Angka
|
5
|
Memenuhi 5 kriteria
|
||
2
|
Teks
|
4
|
Memenuhi 4 kriteria
|
||||
3
|
Gambar/Peta
|
3
|
Memenuhi 3 kriteria
|
||||
4
|
Grafik/Tabel
|
2
|
Memenuhi 2 kriteria
|
||||
5
|
Multimedia
|
1
|
Memenuhi 1 kriteria
|
||||
7
|
Mengembangkan potensi
diri siswa
|
1
|
Berbasis potensi siswa
|
5
|
Memenuhi 5 kriteria
|
||
2
|
Berbasis lingkungan
sekolah
|
4
|
Memenuhi 4 kriteria
|
||||
3
|
Berkeunggulan khas lokal
|
3
|
Memenuhi 3 kriteria
|
||||
4
|
Berkeunggulan nasional
|
2
|
Memenuhi 2 kriteria
|
||||
5
|
Berkeunggulan global
|
1
|
Memenuhi 1 kriteria
|
||||
8
|
Menggunakan keragaman
sumber belajar
|
1
|
Buku
|
5
|
Memenuhi 5 kriteria
|
||
2
|
Majalah
|
4
|
Memenuhi 4 kriteria
|
||||
3
|
Koran
|
3
|
Memenuhi 3 kriteria
|
||||
4
|
Televise
|
2
|
Memenuhi 2 kriteria
|
||||
5
|
Internet
|
1
|
Memenuhi 1 kriteria
|
||||
9
|
Mengadopsi materi pelajaran
dari sekolah unggul di dalam negeri.
|
1
|
Menggunakan sebagai
sumber teori
|
5
|
Memenuhi 5 kriteria
|
||
2
|
Meningkatkan kesetaraan
materi lokal pada taraf internasional.
|
4
|
Memenuhi 4 kriteria
|
||||
3
|
Meningkatkan keahlian
pendidik dalam penguasaan materi pelajaran
|
3
|
Memenuhi 3 kriteria
|
||||
4
|
Meningkatkan mutu
penyajian materi pelajaran.
|
2
|
Memenuhi 2 kriteria
|
||||
5
|
Meningkatkan mutu
strategi penyajian materi.
|
1
|
Memenuhi 1 kriteria
|
||||
10
|
Mengadaptasi materi
pelajaran dari sekolah unggul bertaraf internasional
|
1
|
Mengadaptasi teori
|
5
|
Memenuhi 5 kriteria
|
||
2
|
Mengadaptasi sistematika
merumuskan materi
|
4
|
Memenuhi 4 kriteria
|
||||
3
|
Mengadaptasi model
penyampaian materi
|
3
|
Memenuhi 3 kriteria
|
||||
4
|
Mangadaptasi mempelajari
materi
|
2
|
Memenuhi 2 kriteria
|
||||
5
|
Mengadaptasi
mendokumentasikan materi
|
1
|
Memenuhi 1 kriteria
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
…………………………………….
NIP
: ………………………………
|
…………………,
………………
Pengawas
…………………………
NIP
: ………………………………
|
REKAP
KINERJA HASIL SUPERVISI AKADEMIK
STANDAR
ISI
Nama Sekolah :
Alamat Sekolah :
Kab/Kota :
Nama Guru :
Mata Pelajaran :
SK / KD :
Kelas :
Hari / Tanggal :
No
|
Komponen
|
Skor Ideal
|
Skor Dicapai
|
Deskripsi
|
1
|
Penyajian
materi pelajaran
|
5
|
||
2
|
Mempertimbangkan
kesesuaian materi pelajaran dengan kebutuhan siswa
|
5
|
||
3
|
Mengembangkan KTSP
|
5
|
||
4
|
Menetapkan target KKM
|
5
|
||
5
|
Mengembangkan kecakapan hidup
|
5
|
||
6
|
Memperhatikan keragaman jenis informasi
|
5
|
||
7
|
Mengembangkan potensi diri siswa
|
5
|
||
8
|
Menggunakan keragaman sumber belajar
|
5
|
||
9
|
Mengadopsi materi pelajaran dari sekolah unggul
di dalam negeri.
|
5
|
||
10
|
Mengadaptasi materi pelajaran dari sekolah
unggul bertaraf internasional
|
5
|
||
50
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
…………………………………….
NIP :
…………………………………………………..
|
…………………………………,
…………………………….
Pengawas
………………………………………………………
NIP :
………………………………………………..
|
Selengkapnya Disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar